08 June 2022, 14:30 WIB

Southgate Tuntut Grealish Tingkatkan Performa


Basuki Eka Purnama |

PELATIH timnas Inggris Gareth Southgate menuntut Jack Grealish meningkatkan performanya setelah mereka susah payah mengimbangi Jerman 1-1 dalam lanjutan Liga Negara UEFA Liga A Grup 3 di Muenchen, Rabu (8/6) dini hari WIB.

Grealish baru masuk pada menit ke-72 dan bisa menebar ancaman dari sisi sayap kiri, menciptakan peluang untuk Harry Kane sebelum memenangkan hadiah tendangan penalti yang belakangan dikonversi sang kapten untuk menghapuskan keunggulan Jerman lewat Jonas Hofmann.

Southgate mengaku puas dengan peranan yang diperlihatkan Grealish tapi menilai penyerang sayap Manchester City itu masih memiliki banyak hal untuk ditingkatkan.

Baca juga: Kane Pastikan Inggris Bermain Imbang dengan Jerman di Liga Negara UEFA

"Di awal laga, tantangan bagi kami adalah memanfaatkan pemain sayap untuk menyerang, bertahan, dan berusaha mencetak gol, level taktik tinggi yang harus dilakukan secara cermat, dan itu adalah area yang bisa diperbaiki Jack," kata Southgate kepada wartawan, Rabu (8/6).

Grealish telah mencatatkan 22 penampilan bersama Inggris tapi separuhnya dimulai dari bangku cadangan dan ia baru tiga kali main 90 menit penuh.

"Apa yang sukses dilakukannya adalah membawa bola seraya pertandingan perlahan mulai terbuka," kata Southgate.

"Dampak yang diciptakannya dan Jarrod Bowen sungguh penting, ada persaingan ketat di antara pemain di posisi itu, tapi kami harus terus mendorong mereka untuk berkembang," tutupnya.
  
Inggris masih nirmenang dalam dua pertandingan pertama mereka di Grup A3 setelah kalah melawan Hongaria pekan lalu dan dijadwalkan menjamu Italia di laga ulangan final Piala Eropa 2020, Sabtu (11/6). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT