02 June 2022, 11:15 WIB

Pele Minta Rusia Hentikan Invasi ke Ukraina


Basuki Eka Purnama |

LEGENDA sepak bola Brasil Pele, Rabu (1/6), menyerukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakhiri invasi Moskow ke Ukraina. Hal itu diungkapkan Pele saat Ukraina akan tampil di laga playoff Piala Dunia 2022.

"Hari ini, Ukraina berusaha melupakanm setidaknya selama 90 menit, tragedi yang melanda negara mereka," tulis Pele dalam surat terbuka untuk Putin, yang diunggah di akun Instagram resminya, beberapa saat sebelum timnas Ukraina berhadapan dengan Sktolandia di semifinal playoff Piala Dunia 2022.

"Saya ingin menggunakan laga hari ini untuk meminta dihentikannya invasi. Tidak ada alasan yang bisa membenarkan aksi kekerasan yang terjadi," lanjut peraih tiga gelar Piala Dunia itu.

Baca juga: Pele Diizinkan Tinggalkan Rumah Sakit

"Konflik ini sangat buruk, tidak bisa dibenarkan, dan hanya membawa rasa sakit, ketakutan, teror, dan derita. Perang hanya ada untuk memisahkan bangsa dan tidak ada ideologi yang membenarkan menembakkan roket untuk mematikan mimpi anak-anak, merusak kehidupan keluarga, dan membunuh orang yang tidak bersalah," lanjutnya.

Putin kemudian mengenang dirinya pernah berjabat tangan dengan Putin.

"Kuasa untuk menghentikan konflik ini ada di tangan Anda, tangan yang saya jabat di Moskow, saat kita bertemu pada 2017," ungkap Pele.

Dipandang sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat, Pele telah mencetak lebih dari 1.000 gol sebelum memutuskan pensiun pada 1977.

Pesan Pele itu diungkapkan saat konflik di Ukraina mendekati 100 hari, dengan pertempuran besar terjadi di wilayah timur negara itu, setelah pasukan Rusia gagal merebut Kiev.

Laga di Glasgow melawan timnas Skotlandia adalah yang pertama bagi timnas Ukraina sejak invasi Rusia dimulai. Timnas Ukraina berhasil menang 3-0 dalam laga itu untuk lolos ke babak final plyaoff Piala Dunia melawan Wales.

Pemenang laga antara Wales dan Ukraina akan bergabung dalam Grup B Piala Dunia, yang mencakup Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT