30 May 2022, 04:48 WIB

Gauff Tegaskan tidak akan Lagi Panik di Prancis Terbuka


Basuki Eka Purnama |

PETENIS remaja Amerika Serikat (AS) Coco Gauff menegaskan tidak aakan ada lagi episode ketakukan di Prancis Terbuka saat dia berusaha mencapai babak semifinal Grand Slam untuk pertama kalinya.

Petenis berusia 18 tahun itu mencapai babak delapan besar di Rolland Garros untuk kedua kalinya secara beruntun setelah menang 6-4 dan 6-0 atas petenis Belgia Elise Mertens, Minggu (29/5).

Di babak perempat final, Gauff akan berhadapan dengan pemenang laga antara rekan senegaranya Sloane Stephens atau unggulan ke-23 asal Swiss Jill Teichmann.

Baca juga: Fernandez Melaju ke Perempat Final Prancis Terbuka

Jelang laga perempat final Prancis Terbuka, Gauff berjanji kejadian 12 bulan lalu, ketika dia berpeluang melaju ke semifinal namun kemudian panik sehingga akhirnya kalah dari Barbora Krejcikova, yang akhirnya menjadi juara.

"Untuk menjadi petenis papan atas, saya rasa, saya harus melakukan apa yang sudah saya lakukan dan tidak boleh lagi tergelincir di laga penting," ujar Gauff.

"Saya rasa pelajaran terbesar yang saya dapatkan pada tahun lalu adalah, saya mendapatkan beberapa set poin namun saya malahan panik dan tidak bisa menyelesaikan hal itu."

"Hari ini, saya tidak panik saat poin-poin penting dan berhasil menang," lanjutnya.

Kemenangan atas Mertens membuat Gauff, untuk pertama kalinya, membukukan empat kemenangan beruntun sejak Prancis Terbuka tahun lalu.

Saat tampil di Roland Garros tahun ini, Gauff merayakan kelulusannya dari SMA. Dia menandai peristiwa itu dengan berfoto bersama di depan Menara Eiffel bersama keluarganya.

Lulus SMA membuat dia lebih santai menghadapi karier tenisnya yang mulai melejit pada 2018, kala dia baru berusia 15 tahun dan menjadi petenis putri termuda yang tampil di babak utama Wimbledon.

Namanya semakin terkenal setelah dia berhasil mencapai putaran keempat di All England Club itu, salah satunya dengan mengalahkan Venus Williams.

"Saya hanya menikmati turnamen tanpa memikirkan hasil akhirnya. Saya hanya memikirkan pertandingan berikutnya dan bersiap menerima apa pun hasil pertandingannya," pungkas Gauff. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT