26 May 2022, 20:33 WIB

Saran Ozil Untuk Sepak Bola Indonesia


Widhoroso |

PEMERINTAH Indonesia dan PSSI harus berani melakukan investasi besar di sektor infrastuktur dan akademi pemain muda untuk kemajuan dunia sepak bola Indonesia. Hal itu diungkapkan disarankan mantan pemain timnas Jerman Mesut Ozil.

Ozil datang ke Indonesia karena ada urusan bisnis. Selama berada di Tanah Air, ia melakukan serangkaian kegiatan seperti mengunjungi kantor Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), hingga menyambangi pabrik pembuatan sepatu di Cikupa, Tangerang.

"Sepak bola makin berkembang di Indonesia. Namun, infrastrukturnya masih kurang. Indonesia harus berani berinvestasi di bidang infrastruktur dan akademi pemain muda," kata Ozil.

"Jadi, jika ingin sepakbolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak pada dua hal tersebut. Sehingga nanti bisa mendukung sepak bola Indonesia ke depannya," tambah Ozil.

Persoalan infrastuktur di bidang sepak bola memang bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Sejumlah pelatih baik lokal maupun asing sudah mengeluhkan permasalahan tersebut.

Terkait akademi, sejumlah klub mulai fokus membangunnya. Sebagai contoh, Persija Jakarta meminta Thomas Doll tidak cuma fokus terhadap performa tim di Liga 1,melainkan menjalankan proses regenarasi dari akademi internal. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT