26 May 2022, 07:45 WIB

Real Madrid Tetap Klub Sepak Bola Eropa Paling Berharga


Basuki Eka Purnama |

REAL Madrid mempertahankan statusnya sebagai klub sepak bola paling berharga di Eropa meski klub-klub Liga Primer Inggris semakin dominan di kompetisi Eropa. Hal itu terungkap dalam laporan yang diterbitkan Football Benchmark, Kamis (26/5).

Laporan itu membuat peringkat dari 32 klub besar Eropa, memperhitungkan nilai mereka berdasarkan laporan keuangan dan nilai skuat mereka.

Real Madrid, yang akan berhadapan dengan Liverpool di final Liga Champions, Sabtu (28/5), memuncaki daftar itu untuk tahun keempat secara peruntun, tahun ini dengan valuasi senilai 3,184 miliar euro.

Baca juga: Casemiro Tegaskan Real Madrid tidak Butuh Mbappe untuk Terus Menang

Angka itu menurun dari valuasi Los Blancos pada 2020, sebelum pandmei covid-19 menghantam, yang sebesar 3,5 miliar euro.

Meski begitu, laporan itu juga menyebut bahwa Real Madrid termasuk segelintir klub yang tetap membukukan keuntungan di dua musim kompetisi yang dihantam pandemi covid-19.

"Real Madrid memperbesar keunggulan mereka di puncak karena kesuksesan baik di lapangan maupun di sisi komersial," ujar penulis laporan itu Andrea Sartori.

Laporan itu menyebut Real Madrid kehilangan 84 juta euro pemasukan dari pendukung akibat digelarnya kompetisi tampa penonton.

"Namun, Real Madrid memanfaatkan penutupan stadion itu secara maksimal dengan menggelar pembangunan di Santiago Bernabeu. Saat pembangunan itu selesai pada akhir 2022 atau awal 2023, hal itu akan mendongkrak pemasukan Real Madrid," kata Sartori.

Manchester United dengan valuasi sebesar 2,9 miliar euro dan Barcelona 2,8 miliar euro melengkapi tiga besar. Adapun Bayern Muenchen dan Liverpool menduduki posisi keempat dan kelima.

Dari 32 klub dalam daftar klub paling berharga di Eropa, hanya empat klub, yaitu Ajax, Galatasaray, Porto, dan Benfica, yang berasal dari luar lima liga terbesar Eropa, Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, dan Prancis.

Sepuluh dari 32 klub paling berharga di Eropa adalah klub Inggris, memperlihatkan bagaimana klub Liga Primer Inggris mendominasi kompetisi Eropa.

"Apa yang mendorong klub Inggrus meraih sukes di tingkat Eropa adalah kesuksesan mereka secara finansial," ungkap laporan itu.

"Liga Primer Inggris meraup keuntungan operasional sebesar 5,1 miliaar euro. Namun, yang membedakan Liga Primer Inggris dengan yang lain adalah tingginya kesepakatan hak siar mereka," lanjut laporan itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT