22 May 2022, 21:36 WIB

Shin Tae-yong Pertahankan Skuad SEA Games untuk Kualifikasi Piala Asia dan Piala AFF


Akmal Fauzi |

PELATIH tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong akan mempertahankan mayoritas skuad yang ada di SEA Games 2021 untuk berlaga di Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia 2023.

Putaran pamungkas Kualifikasi Piala Asia 2023 digelar pada 8-14 Juni 2022. Indonesia yang berada di Grup A dengan Kuwait, Yordania serta Nepal akan berlaga di Kuwait. Sementara Piala AFF akan digelar pada Desember 2022.

"Ya untuk AFF dan kualifikasi Piala Asia nanti mayoritas pemain di SEA Games. Nanti mereka akan istirahat sejenak dan akan kembali untuk mempersiapkan tim," kata Shin usai laga melawan Malaysia dalam perebutan medali perunggu, di Stadion Nasional My Din, Hanoi, Minggu (22/5).

Indonesia membawa pulang medali perunggu dari SEA Games 2021 Vietnam usai menaklukkan Malaysia lewat adu penalti 4-3. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Skuad Garuda Muda lebih dulu unggul melalui gol Ronaldo Joybera Kwateh pada menit ke-69. Namun, Malaysia mampu membalas lewat aksi Hadi Fayyadh pada menit ke-81.

Dari lima penendang tim Garuda di adu penalti, hanya Asnawi Mangkualam yang gagal. Sementara itu di kubu Malaysia, dua penendang mereka yakni Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim Shamsudin gagal menuntaskan tugasnya secara baik.

"Pertandingan ini sangat sulit bagi kami, tetapi kami bisa mendapatkan kemenangan karena keberuntungan, menangnya pun lewat adu penalti," kata Shin.

"Saya berterima kasih kepada para pemain. Jujur, sampai latihan kemarin yang ikut latihan hanya 14 pemain saja dan itu pun dua cadangan," pungkas juru taktik asal Korea Selatan itu. (OL-8

BERITA TERKAIT