22 May 2022, 06:11 WIB

Marseille Amankan Tiket ke Liga Champions


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MARSEILLE meraih tiket ke babak penyisihan grup Liga Champions setelah meraih kemenangan telak 4-0 atas Strabourg di laga pamungkas Ligue 1, Minggu (22/5) dini hari WIB.

Marseille mengawali laga di posisi ketiga klasemen, yang berarti harus melalui babak kualifikasi putaran ketiga Liga Champions, kalah selisih gol dari peringkat dua Monaco. Itu berarti mereka harus meraih kemenangan besar untuk naik ke posisi kedua klasemen.

Jawara Ligue 1 1993 itu sukses melakukan misi mereka dengan melumat Strasbourg dalam laga di Stade Velodrome lewat dua gol yang dicetak Gerson, Cengiz Under, dan Cerdric Bakambu.

Baca juga: Mbappe Perpanjang Kontrak di PSG Hingga 2025

Tidak lama setelah gol Bakambu itu, pendukung Marseille bersorak kegirangan setelah mendengar kabar bahwa Monaco kebobolan di mas ainjury time sehingga ditahan imbang 2-2 di markas Lens.

Monaco, yang sukses menduduki peringkat kedua klasemen setelah membukukan sembilan kemenangan beruntun, nampaknya akan meraih kemenangan beruntun kesepuluh setelah bangkit dari ketertinggalan untuk memimpin 2-1 berkat gol dari Benoit Badiashile dan Wissan Ben Yedder.

Namun, Ignatius Ganago mencetak gol pada menit keenam masa injury time untuk memastikan Lens meraih hsail imbang dan memaksa Monaco menduduki peringkat ketiga sehingga harus melewati dua babak kualifikasi sebelum mencapai babak penyisihan grup Liga Champions.

Monaco gagal tampil di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini setelah kalah di babak palyoff dari klub Ukraina Shakhtar Donetsk.

Marseille menyusul juara Ligue 1 meraih tiket ke Liga Champions sementara Rennes akan berlaga di Liga Europa, usai mengamankan posisi keempat setelah bermain imbang 2-2 di kandang Lille.

Timothy Weah mencetak dua gol untuk Lille namun Benjamin Bourigeaud mencetak gol di antara dua gol Weah itu dan Rennes akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Serhou Guirassy di mas ainjury time.

Adapun juara enam kali Ligue 1 Bordeaux terdegradasi meski menang 4-2 di markas Brest dan mengalhiri kiprahnya selama 30 tahun di kompetisi teratas di Prancis.

Metz menyusul Bordeaux bermain di Ligue 2 pada musim depan setelah dihantam Paris Saint-Germain 5-0.

Saint-Etienne, yang mengawali laga di posisi degradasi, berhasil meraih tiket ke babak playoff promosi-degradasi usai bermain imbang 1-1 dengan Nantes.

Mereka akan berhadapan dengan klub Ligue 2 Auxerre untuk menentukan siapa yang akan berlaga di Ligue 1 pada musim depan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT