22 May 2022, 05:30 WIB

Juventus Kalah di Laga Pamungkas Serie A


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

JUVENTUS mengakhiri musim yang buruk dengan catatan mengecewakan setelah kalah 0-2 di kandang Fiorentina dalam pertandingan terakhir Serie A musim ini, ketika tim tuan rumah mengamankan tempat Liga Konferensi UEFA musim depan berkat kemenangan ini.

Dalam pertandingan lainnya, Lazio memastikan tiket ke Liga Europa dengan finis di urutan kelima setelah bermain imbang 3-3 melawan Hellas Verona, yang memastikan finis di urutan kesembilan dengan 53 poin kecuali Sassuolo menang dengan selisih enam gol dalam pertandingan terakhir mereka, Minggu (22/5) malam nanti.

Kemenangan tersebut memastikan Fiorentina finis di urutan ketujuh klasemen Serie A musim ini sehingga berhak masuk kompetisi kontinental musim depan, sementara Juve mengakhiri kampanye dengan 70 poin di urutan keempat, atau poin terendah mereka di Serie A sejak 2010-2011.

Baca juga: Beli Rumah di Milan, Dybala Bakal Merapat Ke Inter Milan?

Tim tamu, yang telah memastikan tempat di Liga Champions, berjuang keras pada babak pertama dengan gagal menciptakan peluang bersih, sebaliknya Fiorentina menjadi tim yang jauh lebih baik dan memimpin melalui Alfred Duncan pada waktu tambahan babak pertama.

Bek veteran Giorgio Chiellini tidak tampil pada babak kedua dengan menonton dari pinggir lapangan selama sisa 561 penampilannya dan yang terakhir untuk klub ini dalam semua kompetisi.

Masuknya Dusan Vlahovic sebagai pemain pengganti memicu ejekan dari para pendukung tuan rumah, yang belum memaafkan striker Serbia itu karena meninggalkan Florence untuk bergabung dengan Juve, Januari lalu. Vlahovic gagal mengubah banyak hal karena tim tamu terus kekurangan potensi.

Fiorentina, yang memegang kendali permainan, menggandakan kedudukan pada menit tambahan babak kedua saat Nicolas Gonzalez mengonversi penalti untuk mengakhiri harapan tipis Juve mendapatkan sesuatu dari pertemuan hari terakhirnya.

Dalam pertandingan pekan terakhir Serie A lainnya, Minggu (22/5) dini hari WIB, tuan rumah Atalanta menyerah 0-1 kepada Empoli gara-gara gol Leo Stulac pada menit 79.

Tetapi, Atalanta tetap finis urutan kedelapan dengan 59 poin, sedangkan Empoli finis urutan 14 dengan 41 poin.

Lazio memastikan masuk Liga Europa setelah finis urutan kelima dengan 64 poin atau satu poin di atas AS Roma, yang menduduki urutan keenam, setelah seri 3-3 melawan Hellas Verona dalam pertandingan terakhir mereka musim ini.

Giovanni Simeone membawa Verona unggul lebih dulu pada menit keenam yang digandakan pada menit ke-14 oleh Kevin Lasagna.

Dua menit kemudian Jovane Cabral membuat Lazio menipiskan ketertinggalan sebelum Felipe Anderson menyamakan kedudukan pada menit ke-29.

Setelah mengakhiri babak pertama pada kedudukan 2-2, Lazio balik unggul pada babak kedua ketika Pedro mencetak gol pada menit ke-62 namun Martin Hongla menyamakan kedudukan pada menit ke-76.

Rangkaian laga terakhir Serie A musim ini akan dilanjutkan Minggu (22/5)  malam sampai Senin (23/5) dini hari WIB nanti. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT