20 May 2022, 14:01 WIB

Sukacita Everton Selamat dari Degradasi


Dhika Kusuma Winata |

EVERTON melalui laga dramatis untuk memastikan keluar dari lubang degradasi seusai menang atas Crystal Palace 3-2. Momen besar diukir sang pelatih Frank Lampard yang mengakhiri ketidakpastian nasib the Toffees sepanjang musim ini dihantui momok degradasi.

Pada laga yang dimainkan di Goodison Park, Jumat (20/5) dini hari WIB, Everton memastikan tempatnya di Liga Primer Inggris musim depan lewat drama tertinggal dua gol lebih dulu di paruh pertama.

Tiga gol dari Michael Keane, Richarlison, dan Dominic Calvert-Lewin di babak kedua membalikkan keadaan dan mengguncang Goodison Park. Suporter pun tumpah ruah masuk ke lapangan usai peluit panjang merayakan kemenangan dramatis itu.

"Ini adalah salah satu momen terbesar dalam hidup dan karir sepak bola saya," kata Lampard seusai laga.

"Saya sangat beruntung memiliki masa-masa yang luar biasa, terutama di Chelsea sebagai pemain dan pelatih. Tetapi ketika Anda merasakan perasaan dan keputusasaan degradasi, itu adalah hal berbeda," imbuh mantan kapten the Blues itu.

Baca juga:  Lampard Sebut Everton Makin Pede Terhindar dari Degradasi

Everton sekarang bisa bernafas lega karena mereka berselisih empat poin dari zona degradasi dan menyisakan satu laga melawan Arsenal, Minggu (22/5).

Everton selalu tampil di liga utama sejak 1954. Musim ini menjadi lika-liku tersulit bagi the Toffees dalam tiga tahun terakhir berjuang dengan masalah keuangan dan harus merogoh kocek untuk pindah ke stadion baru pada 2024.

Lampard baru masuk melatih pada Januari 2022 menggantikan Rafael Benitez yang dipecat lantaran hasil negatif rentetan kekalahan sepanjang putaran pertama.

"Datang dan bekerjalah di klub ini selama beberapa bulan dan lihat kesulitannya dan apa artinya bagi semua orang di sini untuk bertahan di liga ini. Ini adalah malam yang spesial dalam sejarah Everton," ucap Lampard.

Pada laga lainnya, Burnley bermain imbang dengan Aston Villa 1-1. Hasil itu membuat Burnley keluar dari zona degradasi dan kini menduduki posisi ke-17 dengan 35 poin.

Meski begitu, raihan poinnya sama dengan Leeds United di urutan ke-18. Penentuan akan terjadi pada pekan terakhir Burnley menjamu Newcastle sedangkan Leeds bertemu Brentford.

Adapun dua tim yang sudah pasti akan turun kasta musim depan yakni Norwich City dan Watford.(AFP/BBC/OL-5)

BERITA TERKAIT