19 May 2022, 00:45 WIB

Garuda Muda Tanpa Asnawi, Polking: Kekuatan Indonesia Tidak Berkurang


Widhoroso |

PELATIH Timnas Thailand U-23 Alexandre Polking menilai kekuatan timnas Indonesia U-23 yang akan dihadapi dalam semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Kamis (19/5), tidak mengalami penurunan meski Asnawi Mangkualam absen. Asnawi tidak bisa tampil akibat akumulasi kartu kuning.

Dalam tiga pertandingan terakhir, Asnawi memberikan kontribusi besar di sektor kanan pertahanan timnas U-23. Punggawa Ansan Greeners ini juga tidak jarang turut membantu serangan.

Polking mengakui kehadiran sejumlah pemain Timnas U-23 Indonesia yang berkarier di luar negeri memberikan warna tersendiri di skuad Garuda Muda. Kendati demikian, absennya Asnawi tidak akan memengaruhi kekuatan timnas U-23.

"Hadirannya pemain naturalisasi dan yang bermain di luar negeri memberikan kontribusi dan perbedaan di dalam tim. Contohnya Asnawi, bek kanan yang bermain di liga Asia. Dia pemain bagus," tutur Polking dikutip Goal Thailand.

"Pemain Indonesia sudah bersama-sama dalam jangka waktu yang lama. Mereka sudah saling memahami, bermain keras, dan mempunyai serangan yang agresif. Mereka juga punya strategi dan sistem yang bagus. Mereka memang tidak punya pemain yang menonjol, tapi kekuatan mereka adalah bermain sebagai sebuah tim," tambahnya

Polking juga tidak sependapat dengan penilaian publik sepakbola Indonesia yang menilai performa timnas U-23 di SEA Games masih di bawah penampilan mereka di Piala AFF 2020 lalu. Seperti diketahui, sebagian skuad timnas U-23 merupakan pilar timnas senior di Piala AFF.

"Banyak fan Indonesia yang berpendapat tim ini tidak sebagus seperti sebelumnya di Piala AFF. Tapi menurut saya, mereka telah bermain dengan sangat baik, dan para pemainnya bermain sebagai sebuah tim," imbuh Polking.

uru taktik asal Brasil ini menargetkan anak asuhnya lolos ke final untuk kembali mendapatkan medali emas. Pada SEA Games 2019, medali emas direbut Vietnam sekaligus memutus dominasi Thailand di tiga edisi sebelumnya.

"Saya percaya kepada tim saya. Setelah melalui pertandingan pertama (kalah dari Malaysia), kami bermain sesuai dengan rencana. Saya yakin kami layak untuk lolos ke final," tegas Polking. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT