13 May 2022, 19:40 WIB

Shin Tae-yong Ingin Revans Melawan Vietnam di Final SEA Gemes 2021


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH tim nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong langsung fokus hadapi Myanmar di laga terakhir fase grup A SEA Games 2021 Vietnam untuk lolos ke semifinal. Pelatih asal Korea Selatan itu juga berambisi revans melawan Vietnam di perebutan medali emas SEA Games 2021

Suad Garuda menjaga asa lolos ke semifinal usai mengalahkan Filipina 4-0 di Stadion Nasional My Dinh, Phu Tho, Jum'at (13/5). Kemenangan itu membuat Indonesia meraih enam poin dan memimpin sementara pemuncak klasemen Grup A.

Sementara Myanmar di posisi kedua dengan poin yang sama namun kalah selisih gol dari Indonesia. Tuan rumah Vietnam di posisi ketiga dengan empat poin. Posisi Indonesia bisa saja disalip Myanmar dan Vietnam yang baru akan memainkan laga malam ini. Persaingan ke semifinal Grup A akan diperebutkan tiga negara itu.

Untuk itu, Shin Tae-yong langsung memilih menonton langsung laga melawan Myanmar yang akan menjadi lawannya di partai penentu. 

"Saya akan nonton langsung Myanmar untuk laga penentuan," kata Shin Tae-yong usai laga.

Shin Tae-yong juga mengomentari pernyataan Pelatih Filipina Norman Fedigero usai laga itu yang menyebut, Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang akan lolos ke semi fnal. Shin mengatakan, timnya memang bertekad memenangkan pertandingan di laga terakhir untuk lolos ke semifinal. Shin juga berharap bisa bertemu kembali tuan rumah Vietnam di partai final.

"Saya pikir pelatih Filipina membuat prediksi yang benar. Dan saya berharap untuk pertadingan ulang melawan Filipina di partai final," kata Shin optimis.

Baca juga : Indonesia Taklukan Filipina 4-0, jaga Peluang ke Semifinal

Skuad Garuda Muda mampu mengalahkan Filipina berkat empat gol yang dicetak oleh Muhammad Ridwan (18'), Rizky Ridho (44'), Egy Maulana Vikri (75'), dan Marselino Ferdinan (85'-penalti). Ini menjadi kemenangan kedua yang diraih timnas U23 Indonesia pade fase grup sepak bola SEA Games 2021 Vietnam. 

Sebelumnya, skuad Garuda Muda lebih dulu memetik kemenangan 4-1 atas Timor Leste pada laga kedua fase grup, Selasa (10/5) lalu. Di laga perdana, Witan Sulaeman dan kawan-kawan kalah 0-3 dari tuan rumah.

Sementara itu, Shin Tae-yong menyoroti penampilan pemain tengah Ricky Kambuaya. Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, laga melawan Filipina adalah yang terbaik. Dia berhasil menjadi pembeda dari laga sebelumnya.

"Memang secara keseluruhan Ricky membuat performa baik. Tiga pertandingan dia dimainkan, kali ini memang lebih baik dalam pertandingan ini," kata Shin.

Sementara itu, Norman Fedigero mengaku timnya mengalami kelelahan karena harus memainkan empat laga dalam tujuh hari. Hal itu membuat performa pemain menurun dan harus mengalami kekalahan telaj 0-4.

"Dalam permainan ini, performa pemain kami menurun. Tetapi saya senang karena pemain sudah berjuang maksimal meskipun hasilnya tidak bagus," kata Norman. (OL-7)

BERITA TERKAIT