13 May 2022, 16:54 WIB

Ambisi Liverpool dan Chelsea di Final Piala FA


Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola

FINAL Piala FA akan menyajikan duel antara Liverpool dengan Chelsea di Stadion Wembley, Sabtu (14/5) malam. Liverpool akan berusaha menjaga asa perburuan empat gelar mereka tetap hidup di final Piala FA sedangkan Chelsea berharap menyambut pemilik baru klub Todd Boehly dengan kemenangan di Wembley.

Skuad Juergen Klopp saat ini memiliki empat pertandingan tersisa dalam ikhtiar bersejarah mereka untuk menjadi tim Inggris pertama yang memenangi empat trofi utama dalam satu musim.

The Reds sudah mengamankan trofi Piala Liga mengalahkan Chelsea pada Februari lalu dan kini berada di final Piala FA. Mereka juga akan melakoni final Liga Champions menghadapi Real Madrid pada 28 Mei.

Belum ada klub Inggris yang bisa sedekat ini untuk menyapu bersih empat gelar. Namun, harapan Liverpool untuk memenangi Liga Premier Inggris mulai menipis lantaran Manchester City unggul tiga poin dan hanya membutuhkan empat poin dari dua laga terakhir.

Liverpool dan Chelsea menjadi tim Inggris pertama yang bertemu di dua final turnamen domestik (Piala Liga dan Piala FA) di tahun yang sama sejak Arsenal dan Sheffield Wednesday pada 1993.

Skuad Klopp pun harus bisa mengatasi ancaman kelelahan yang beepotensi menjadi ganjalan bagi Liverpool yang puasa gelar Piala FA sejak 2006.

"Semakin banyak pertandingan, semakin penting dan intens permainannya. Kami menggunakan semua kekuatan dan saya kira para pemain melakukan hal brilian," kata kapten Liverpool Jordan Henderson.

"Itulah sepak bola dan akan ada pasang surut dalam permainan. Anda harus bereaksi dengan cara yang benar. Sejujurnya, para pemain telah melakukan itu untuk jangka waktu yang lama," imbuhnya.

Baca juga: Mount Tegaskan tekad Kalahkan Liverpool di Final Piala FA

Chelsea yang sudah terlempar dari perburuan gelar Liga Primer dan Liga Champions juga punya motivasi lebih. Piala FA bakal menjadi trofi domestik penting sekaligus persembahan kepada pemilik klub yang baru.

The Blues beberapa bulan terakhir diselimuti ketidakpastian masa depan klub dan beberapa pemain kuncinya sejak Roman Abramovich melakukan penjualan. Boehly dan konsorsiumnya kemudian menyetujui pembelian Chelsea senilai £4,25 miliar ($5,2 miliar) akhir pekan lalu.

Kemenangan atas Leeds 3-0 pada lanjutan Liga Primer dua hari lalu juga membuat kepercayaan diri the Blues meningkat. Chelsea sudah mengamankan tempat di empat besar untuk Liga Champions musim depan.

"Kemenangan (atas Leeds) membantu kami tiba di laga final Piala FA dengan pikiran yang tenang," kata pelatih Thomas Tuchel.

Namun, Chelsea pada laga final nanti akan kehilangan pemain kuncinya Mateo Kovacic yang mengalami cedera. Liverpool juga bakal tanpa Fabinho yang didera cedera otot.(AFP/Eurosport/OL-5)

BERITA TERKAIT