13 May 2022, 08:45 WIB

Arteta Nilai Wasit Rusak Laga Spurs vs Arsenal


Basuki Eka Purnama |

MANAJER Arsenal Mikel Arteta mengkritik wasit Paul Tierney setelah harapan timnya mengamankan tempat keempat dirusak oleh kekalahan 0-3 dari rival sekota Tottenham Hotspur dalam laga Liga Primer Inggris, Jumat (13/50 dini hari WIB.

Arsenal, yang bisa memastikan finis empat besar pertama sejak 2016 jika memenangkan laga ini, tampak nyaman sejak awal derbi London utara ini.

Namun, mereka berantakan setelah Harry Kane membawa tuan rumah unggul dari titik penalti pada menit ke-22 setelah Cedric Soares dinilai mendorong Son Heung-min.

Baca juga: Kane Cetak Dua Gol, Spurs Hantam Arsenal

Sepuluh menit kemudian, Rob Holding mendapatkan kartu kuning kedua karena menekel Son dengan kasar.

"Saya punya dua pilihan untuk bisa berbohong kepada Anda, atau saya bisa diskors, dan saya benar-benar ingin berada di pinggir lapangan melawan Newcastle," kata Arteta kepada wartawan ketika ditanya tentang keputusan wasit pada babak pertama yang membuat timnya berantakan.

"Jika saya mengungkapkan apa yang saya pikirkan, saya bakal diskors enam bulan. Saya dibolehkan memberikan interpretasi tentang apa yang terjadi tetapi saya tidak tahu bagaimana harus berbohong. Mintalah wasit agar mendatangi kamera guna menjelaskan keputusannya itu. Sayang sekali pertandingan hari ini yang begitu indah ini telah dihancurkan," papar Arteta, selepas pertandingan..

Meski kalah, Arsenal tetap berada di posisi di depan Spurs dalam persaingan finis tempat keempat dan kualifikasi Liga Champions tahun depan.

Dengan dua pertandingan tersisa, Arsenal terpaut satu poin lebih banyak dari musuh bebuyutan sesama klub London utara tersebut.

"Pertandingan ini bersejarah. Kini Newcastle. Yang ini raib. Hilang dari genggaman kami dan kami harus menerimanya," kata Arteta.

"Sekarang kami harus menjadi tim yang Anda lihat sejak awal. Anda kalah dalam pertandingan sepak bola dalam kondisi kami memang kalah dari mereka."

"Ini menyakitkan. Tapi kami menghadapi pertandingan besar Senin nanti, jadi kami akan berusaha mengalahkan mereka," tegasnya.

Tapi Arteta sudah kehabisan bek. Holding dipastikan tidak boleh dimainkan dalam laga tandang yang sulit ke kandang Newcastle, sementara Gabriel cedera dan Ben White tidak mau mengambil risiko meski dipasang di bangku cadangan.

"Mudah-mudahan Ben fit dan Gabriel pulih karena kami tidak memiliki cukup pemain di lini belakang," keluh Arteta.

"Kami menghadapi dua pertandingan untuk dimainkan. Semuanya ada di tangan kami dan kini kami harus mengerjakan tugas kami," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT