12 May 2022, 13:36 WIB

Ten Hag Persembahkan Kado Perpisahan Gelar Liga untuk Ajax


Dhika Kusuma Winata |

AJAX Amsterdam sukses mengamankan gelar Liga Eredivisie Belanda usai menandaskan Heerenveen 5-0 di Amsterdam Arena, Kamis (12/5). Gelar liga dua kali beruntun itu menjadi kado perpisahan sang pelatih Erik ten Hag yang akan merapat ke Manchester United untuk musim depan.

Gelar liga musim ini menjadi yang ke-36 bagi Ajax dan persembahan ketiga selama Ten Hag melatih sejak 2017. Trofi musim ini pun menjadi kado perpisahannya jelang memulai pekerjaan besar yang menantinya di Old Trafford.

"Pada titik tertentu, perasaan itu (emosional) memang ikut bermain. Ini juga sulit karena saya telah bekerja dengan begitu banyak orang yang fantastis di sini. Tetapi ada juga waktunya untuk pergi," kata Ten Hag.

Ajax meraih gelar juara dengan keunggulan empat poin atas peringkat kedua PSV Eindhoven. Dengan satu pertandingan tersisa, raihan 82 poin Ajax tak mungkin lagi terkejar.

Baca juga: Guardiola Yakin Haaland Cetak Banyak Gol di City

"Saya percaya pemain saya. Mereka tidak akan mengecewakan saya. Mereka tidak pernah melakukan itu selama bertahun-tahun saya di sini. Saya selalu merasakan ikatan yang kuat dengan para pemain dan staf," kata pelatih 52 tahun itu.

Ajax pun sudah mulai bergerak untuk mencari pelatih baru. Kabarnya, pelatih Club Brugge (Belgia) Alfred Schreuder menjadi bidikan manajemen.

Schreuder pernah menjadi asisten pelatih di Ajax di bawah Ten Hag pada musim 2018/2019. Setelah itu dia menjadi pelatih kepala di Hoffenheim lalu ke Barcelona membantu Ronald Koeman. Pada Januari 2022 lalu, Schreuder menjadi pelatih Club Brugge.(OL-4)

BERITA TERKAIT