12 May 2022, 09:30 WIB

Jordi Amat akan Tiba di Indonesia, Sabtu (14/5)


Basuki Eka Purnama |

PSSI mengumumkan bahwa pemain klub Liga Belgia KA S Eupen, Jordi Amat, akan tiba di Indonesia pada Sabtu (14/5) untuk menuntaskan beberapa hal terkait proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Rabu (11/5), pesepak bola berkewarganegaraan Spanyol tersebut dijadwalkan mengunjungi kedutaan besar negaranya di Indonesia.

Selain itu, Jordi nantinya menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Baca juga: PSSI Temui Dua Pemain U-19 Keturunan Indonesia di Belanda

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyebut kehadiran Jordi Amat tidak lepas dari keperluan pergantian kewarganegaraan.

Untuk itu, Yunus pun berterima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), yang sudah memberikan bantuan agar proses naturalisasi lebih cepat.

Jordi Amat menjadi salah satu pemain naturalisasi berdarah Indonesia yang diharapkan dapat tampil untuk timnas di laga Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022, di Kuwait. 

Selain Jordi, pemain berkewarganegaraan Belanda Sandy Walsh juga diharapkan demikian.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham, yang selama ini, membantu proses naturalisasi ini. Proses administrasi telah berjalan dan kami berharap semuanya berjalan lancar sehingga baik Jordi dan Sandy bisa segera memperkuat timnas Indonesia," ujar Yunus.

Sandy Walsh sendiri juga direncanakan terbang ke Indonesia menjelang pekan ketiga Mei 2022.

Pria berpaspor Belanda, yang berkarier di klub Liga Belgia KV Mechelen tersebut tidak berangkat bersama dengan Jordi lantaran harus menyelesaikan beberapa urusan di Belgia.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah kualifikasi Kuwait. 

Fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 itu akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT