10 May 2022, 21:42 WIB

Bekap Timor Leste, Timnas U-23 Jaga Asa


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIMNAS U-23 Indonesia membuka asa lolos ke semifinal cabang sepak bola SEA Games 2021 Vietnam setelah memetik kemenangan di penampilan kedua penyisihan Grup A, Selasa (10/5). Menghadapi Timor Leste, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Skuat Garuda Muda menang telak 4-1.

Empat gol kemenangan Indonesia disumbang Witan Sulaeman menit ke-51, dan 77', Egy Maulana Vikri (16'), dan Fachruddin Aryanto (59'). Sementara satu gol Timor Leste dibuat Mouzinho de Lima (69').

Ini menjadi tiga poin pertama yang berhasil diraih Timnas U-23 Indonesia. Di laga perdana, pasukan Shin Tae-yong menyerah 0-3 dari Vietnam.

Indonesia saat ini berada di posisi empat dengan poin tiga dari dua kali penampilan. Posisi pertama ditempati Myanmar dengan poin enam disusul Filipina dan Vietnam di posisi dua dan tiga dengan poin sama, empat.

Untuk lolos ke semifinal, Egy Maulana Fikri dan kawan-kawan harus menyapu kemenangan di dua laga tersisa. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Filipina, Jumat (13/5) dan terakhir melawan Myanmar, Minggu (15/5). Selain itu, Timnas U-23 juga dituntut meraih kemenangan dengan skor besar untuk menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya.

Menghadapi Timor Leste, pelatih Shin Tae-yong membuat sejumlah perubahan. Witan Sulaeman dimaikan sejak menit pertama dan Syahrian Abimanyu mengisi pos lini tengah.

Pada menit ke-3, timnas mendapatkan hukuman penalti. Itu setelah Marc Klok menjegal pemain Timor Leste di kotak terlarang. Beruntung, kiper Ernando Ari Sutaryadi mampu menepis tendangan Mouzinho Barreto.

Tidak berkembang pada 10 menit pertama, Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-16 lewat sontekan Egy Maulana Vikri lewat kerja sama yang dibangun Syahrian Abimanyu dan Rizky Ridho. Indonesia terus menekan dan menghasilkan banyak peluang denga mencatat 15 tendangan dengan 5 mengarah ke gawang.  Namun skor tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Indonesia kembali menggeber serangan. Gol Witan Sulaeman pada menit ke-51 menambah keunggulan Garuda Muda. Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-59 melalui tandukan kapten Fachruddin Aryanto.

Pada menit ke-69, Indonesia kebobolan lewat gol Mouzinho. Setelah kebobolan, Indonesia bangkit dan mencetak gol keempat pada menit ke-77. Witan kembali menjebol gawang Timor Leste. Kali ini dengan memanfaatkan umpan mendatar Saddil. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT