06 May 2022, 22:50 WIB

Perpanjang Kontrak Dengan Arsenal, Arteta Ingin Ubah Enam Hal


Widhoroso |

MIKEL Arteta telah meneken kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Arsenal yang akan memagarinya di Emirates Stadium hingga akhir musim 2024-2025.

Arteta mengambilalih tampuk manajerial Arsenal pada akhir 2019 dan membantu klub London utara itu kembali menjadi calon penghuni empat besar di Liga primer Inggris demi lolos ke Liga Champions Eropa. Namun, menurutnya, Liga Champions hanyalah langkah pertama menuju kebesaran. Dia menyebut ada enam hal, selain berlaga di kompetisi kasta tertinggi Eropa, yang harus dilakukan Arsenal jika ingin naik level.

"Demi membawa Arsenal ke level selanjutnya dan benar-benar bersaing dengan tim-tim top... kita harus bermain di Liga Champions," katanya kepada laman resmi Arsenal.

"Kita harus bisa mengevolusi tim ini, meningkatkan kualitas pemain kami, meningkatkan kualitas semua departemen, memperkuat koneksi dengan fans, memperbaiki atmosfer di Emirates, mampu merekrut talenta-talenta top dan orang-orang terbaik buat klub ini untuk mendorong proyek ini ke level itu," tegasnya.

Pelatih asal Spanyol itu ditunjuk Arsenal pada 22 Desember 2019, menyusul gagalnya Unai Emery. Menangani Arsenal menjadi pekerjaan pertama Arteta sebagai manajer tim senior.

Meski The Gunners mengambil keputusan berisiko dengan memberikan posisi pelatih kepada pendatang baru, Arteta melakukan pekerjaannya dengan cukup impresif dari pinggir lapangan Emirates. Ia memandu Arsenal mengangkat trofi Piala FA di akhir 2019-2020, mengalahkan Chelsea di musim yang tertunda Covid-19.

Selain itu Arteta juga memimpin Arsenal hingga ambang kelolosan Liga Champions musim 2022-2023, kompetisi yang terakhir kali Arsenal ikuti pada 2017. Arsenal saat ini duduk di peringkat keempat Liga Inggris dengan sisa empat pertandingan, dua poin di atas sang rival bebuyutan, Tottenham.

Arteta juga menyulap skuad dan budaya The Gunners, dengan mendepak pemain senior seperti Mesut Ozil dan Pierre-Emerick Aubameyang, dan mempromosikan bakat-bakat muda seperti Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT