06 May 2022, 12:11 WIB

Frankfurt dan Rangers Berebut Takhta Liga Europa


Akmal Fauzi |

EINTRACHT Frankfurt dan Glasgow Rangers melenggang ke partai puncak Liga Europa usai memetik hasil positif di laga leg kedua semi final, Jum'at (6/5) dini hari WIB. 

Kemenangan Eintracht Frankfurt atas West Ham United 1-0 di leg kedua semifinal Liga Europa membuat mereka menembus babak final Liga Europa dalam 42 tahun terakhir setelah kemenangan agregat 3-1.

Baca juga: Liverpool Bertemu Madrid di Final Liga Champions, Salah Ingin Balaskan Dendam

Di depan 48.000 penonton, Rafael Borre mencetak gol kemenangan bagi tuan rumah pada menit ke-26, mengalahkan klub Inggris itu untuk kedua kalinya. Pada leg pertama, Frankfurt berhasil memetik kemenangan 2-1.

"Sebuah mimpi akhirnya menjadi kenyataan. Kota ini layak mendapatkannya. Dan sekarang kita akan memenangkannya," kata kata Presiden Eintracht Peter Fischer. 

Frankfurt, yang kalah dari Chelsea melalui adu penalti di semifinal Liga Europa 2019, melaju ke final Eropa pertama mereka sejak memenangkan Piala UEFA pada 1979/1980.

“Itu adalah malam yang tidak pernah Anda lupakan. Skuad itu luar biasa," kata pelatih Frankfurt Oliver Glasner. 

Frankfurt tak memulai laga dengan baik. Bek Martin Hinteregger ditarik keluar setelah hanya delapan menit bermain karena cedera hamstring.

Kartu merah Aaron Creswell di menit ke-19 membuka ruang untuk para pemain Frankfurt menggempur pertahanan West Ham. Kondisi semakin buruk ketika sang pelatih, David Moyes diberikan kartu merah karena bereaksi dengan buruk dari pinggir lapangan dengan menendang bola yang dilemparkan ball boy di menit ke-79

"Kami baru saja menghadapi tim yang bermain dengan cara yang mirip dengan kami dan itu membuat kami terkecoh. Kami putus asa," kata kapten West Ham Declan Rice. 

Sementara itu, Rangers menorehkan tinta emas kompetisi Eropa setelah berhasil menembus final Liga Europa. Catata itu didapat setelah mengalahkan RB Leipzig dengan skor 3-1 di Stadion Ibrox. 

Ketiga gol Rangers masing-masing dicetak James Tavernier (18'), Gien Kamara (24'), dan John Lundstram (80'). Sementara tim tamu hanya mampu mencetak sebiji gol melalui aksi Christopher Nkunku pada menit 70.

Ini menjadi fiinal kompetisi Eropa kedua mereka dalam 50 tahun. Juara Skotlandia itu kalah dari Zenit St Petersburg di final Piala UEFA 2008 lalu. Mereka kemudian mendapat pil pahit harus memulai kompetisi Liga Skotlandia dari kasta keempat menyusul krisis keuangan pada 2012. (Mal/AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT