06 May 2022, 05:12 WIB

Feyenoord Melaju ke Final Liga Konferensi UEFA


Basuki Eka Purnama |

FEYENOORD melaju ke final kompetisi Eropa pertama mereka dalam tempo dua dekade setelah bermain imbang 0-0 di kandang Marseille, Jumat (6/5) dini hari WIB. Klub Eredivisie itu melaju ke final Liga Konferensi UEFA dengan kemenangan agregat 3-2.

Klub asal Rotterdam sukses memanfaatkan keunggulan mereka di laga leg pertama untuk melaju ke final melawan AS Roma di final pertama kompetisi kasta ketiga Eropa itu.

Laga final Liga Konferensi UEFA akan dimainkan pada 25 Mei mendatang di ibu kota Albania, Tirana, yang terletak 250 kilometer dari tempat Feyenoord mengawali kiprah mereka di komeptisi itu dari babak kualifikasi melawan klub Kosovo, Drita.

Baca juga: Gara-Gara Ulah Pendukung, Marseille Diganjar Sanksi UEFA

Upaya Marseille untuk membalikkan kekalahan dari laga leg pertama mendapat pukulan telak ketika playmaker Dimitri Payet harus keluar lapangan karena cedera sebelum paruh waktu.

Klub Ligue 1 itu kehilangan sebagian pendukung mereka setelah salah satu tribun stadion mereka ditutup akibat sanksi UEFA krena kerusuhan pendukung saat Marseille menang atas klub Yunani PAOK di laga perempat final.

Feyenoord gagal mencetak gol untuk pertama kalinya sejak Januari namun mereka tidak membutuhkan hal itu berkat keunggulan agregat di laga leg pertama.

Feyenoord kini memburu gelar Eropa keempat mereka. Feyenoord adalah klub Belanda pertama yang memenangkan Liga Champions (kala itu masih bernama Piala Eropa) ketika mereka mengalahkan Celtic 2-1 di laga final pada 1970.

Feyenoord kemudian memenangkan Piala UEFA pada 1974 dan lagi pada 2002, kala mereka mengalahkan Borussia Dortmund 3-2. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT