06 May 2022, 04:23 WIB

Gol Tunggal Abraham Antar AS Roma ke Final Liga Konferensi UEFA


Basuki Eka Purnama |

TAMMY Abraham mengantarkan AS Roma ke final perdana Liga Konferensi UEFA setelah gol tunggalnya memastikan kemenangan 1-0 Il Lupo atas Leicester City di laga leg kedua semifinal, Jumat (6/5) dini hari WIB. Klub Serie A itu melaju ke final dengan kemenangan agaregat 2-1.

Abraham mencetak gol sundulan pada menit ke-11 laga di Stadio Olimpico untuk mengantarkan AS Roma melaju ke final kompetisi Eropa pertama mereka dalam tempo lebih dari tiga dekade.

Di laga final di Tirana, Albania, 25 Mei mendatang, AS Roma akan berhadapan dengan Feyenoord setelah klub Eredivise itu menang agregat 3-2 atas Marseille setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di laga leg kedua.

Baca juga: Vardy, Maddison, dan Dewsbury-Hall Siap Bela Leicester Kontra AS Roma

Pendukung AS Roma sudah tidak melihat tim pujaan mereka mengangkat trofi sejak 2008 dan teriakan kegembiraan mereka saat wasit meniup peluit panjang merupakan teriakan kelegaan setelah Il Lupo terus ditekan Leicester sepanjang pertandingan.

Tim besutan Brendan Rodgers gagal menembus pertahanan AS Roma, yang bermain ala Jose Mourinho yang terorganisir dan membiarkan lawan melancarkan serangan sembari berusaha melancarkan serangan balik saat mereka telah unggul.

Penampilan terakhir AS Roma di final kompetisi Eropa, Piala UEFA, yang sudah tidak ada lagi, berakhir dengan kekalahan dari Inter Milan pada 1991.

Pendukung AS Roma yang memadati Stadion Olimpico langsung bergemuruh di awal laga ketika Abraham menyambut sepak pojok Lorenzo Pellegrini menggunakan sundulan yang menaklukan kiper Leicester Kasper Schmeichel.

Sejak saat itu, laga didominasi oleh Leicester yang berusaha menembus pertahanan AS Roma namun selalu gagal dan tim tamu bahkan tidak bisa melepaskan tendangan ke gawang Il Lupo di babak pertama.

Peluang pertama Leicester baru terjadi 11 menit sebelum laga usai ketika tendangan mendatar James Maddison dnegan mudah diamankan Rui Patricio.

Skor 1-0 untuk kemenangan AS Roma pun bertahan hingga laga usai. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT