04 May 2022, 10:30 WIB

Knauff, Pemain Pinjaman yang Jadi Bintang Frankfurt di Liga Europa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ANSGAR Knauff baru bergabung dengan Eintracht Frankfurt, Januari lalu, dengan status pinjam. Namun, golnya ke gawang Barcelona dan West Ham United di laga Liga Europa membantu klub Bundesliga di ambang melaju ke babak final kompetisi antarklub kasta kedua Eropa itu.

Frankfurt hanya butuh hasil imbang saat menjamu West Ham di laga leg kedua semifinal untuk mencapai final kompetisi Eropa pertama mereka dalam tempo 42 tahun.

Knauff bergabung dengan Frankfurt dengan status pinjam selama 18 bulan dari Dortmund, Januari lalu, tidak lama setelah ulang tahunnya yang ke-20. Dia telah mencetak dua gol penting di laga Liga Europa.

Baca juga: Eintracht Frankfurt Jegal West Ham 2-1 di Liga Europa

Dia hanya butuh 51 detik untuk membawa Frankfurt unggul saat bertandang ke markas West Ham dan membawa klub Bundesliga itu menang 2-1 di laga leg pertama, pekan lalu.

Gol itu merupakan yang kedua di ajang Liga Europa untuk Frankfurt sete;ah Knauff sebelumnya mencetak gol di laga leg pertama perempat final Liga Europa melawan Barcelona, yang berakhir imbang 1-1.

Frankfurt menang 3-2 di laga leg kedua di Camp Nou untuk melaju ke babak semifinal.

"Sejak tiba, dia telah membawa perubahan besar bagi kami," ujar pelatih Frankfurt Oliver Glasner.

Gelandang itu duduk di bangku cadangan saat Frankfurt kalah 2-0 dari Bayer Leverkusen, Selasa (3/5) dini hari WIB, saat klub Bundesliga itu melakukan delapan perubahan dari tim yang mengalahkan West Ham.

Penyerang timnas Jerman U-21 itu berpeluang masuk skuat tim Panser saat Piala Dunia 2022, November mendatang.

Ditemukan oleh Juergen Klopp saat berusia 12 tahun pada 2014, Knauff bergabung dengan akademi Dortmund pada 2016.

Dia kemudian melakukan debutnya di skuat utama Dortmund di laga Liga Champions melwan Zent St Petersburg pada Desember 2020.

Minimnya kesempatan bermain di skuat utama Dortmund membuat Knauff akhirnya dipinjamkan ke Frankfurt.

Sebelum kedatangannya, Frankfurt kesulitan di sisi kanan lapangan tengah sehingga Knauff langsung mendapat tempat di skuat utama.

Satu-satunya penyesalan Frankfurt adalah tidak ada opsi beli dari kesempatakan pinjam Knauff.

Knauff dan Frankfurt tengah beruapa melaju ke final kompetisi Eropa pertama mereka sejak 1980 kala Fankfurt mengalahkan Borussia Moenchengladbach lewat gol tandang di final Piala UEFA.

Jika berhasil menjadi juara Liga Europa, musim depan, Frankfurt akan berlaga di kompetisi yang lebih tinggi, Liga Champions, untuk pertama kalinya sejak mereka kalah di final dari Real Madrid pada 1960. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT