01 May 2022, 06:00 WIB

Bawa Real Madrid Juara La Liga, Ancelotti Cetak Sejarah


Akmal Fauzi |

REAL Madrid meraih gelar La Liga ke-35 mereka setelah menang 4-0 atas Espanyol, Sabtu (30/4) saat Carlo Ancelotti mencetak sejarah menjadi pelatih pertama yang meraih gelar juara di lima liga utama Eropa.

Hanya membutuhkan satu poin dari lima laga terakhir mereka, Madrid meraih kemenangan atas Espanyol lewat dua gol Rodrygo di babak pertama sebelum Marco Asensio dan Karim Benzema melengkapi kemenangan di Santiago Bernabeu itu.

Madrid mengangkat trofi juara La Liga di depan hampir 80 ribu orang di ibu kota Spanyol itu. Sekitar 250 ribu orang diperkirakan menghadiri perayaan gelar juara Los Blancos di air mancur Cibeles.

Baca juga: Real Madrid Juara La Liga 2021/22

"Ini adalah kali pertama saya meraih gelar juar adi Bernabeu. Atmosfernya benar-benar istimewa," ujar Ancelotti. "Saya menangis di akhir pertandingan karena saya sangat bahagia."

Ancelotti kembali ke Madrid, musim panas lalu, untuk menggantikan Zinedine Zidane untuk masa kepelatihan keduanya setelah meninggalkan Everton.

Pelatih asal Italia itu memenangkan gelar Liga Primer Inggris bersama Chelsea, Serie A bersama AC Milan, Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain, dan Bundesliga bersama Bayern Muenchen.

Setelah memuncaki klasemen sejak November, keberhasilan Real Madrid menjadi juara La Liga tidaklah mengejutkan. Namun, menurunya performa Barcelona dan Sevilla membantu mempercepat El Real meraih gelar juara.

Madrid kini unggul 17 poin dari peringkat kedua Sevilla saat kompetisi tinggal menyisakan empat laga lagi.

Setelah mengamankan gelar juara La Liga, Madrid kini bisa berkonsentrasi penuh ke laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Manchester City, Kamis (5/5) dini hari WIB saat El Real berusaha membalikkan ketertinggalan 4-3 untuk melaju ke final Liga Champions. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT