01 May 2022, 05:45 WIB

Penyesalan Dean Smith Usai Gagal Selamatkan Norwich dari Degradasi


Akmal Fauzi |

MANAJER Norwich City Dean Smith menyesal tidak mampu membawa timnya lolos dari jurang degradasi musim ini. The Canaries--julukan Norwich-- dipastikan turun kasta dari Liga Primer Inggris usai takluk 0-2 dari Aston Villa, Sabtu (30/4) malam WIB.

Dua gol tuan rumah, yang dicetak Ollie Watkins dan Danny Ings, menjadi petaka untuk Norwich. Apalagi, di saat yang sama, Burnley mampu menang dramatis 2-1 dari Watford, yang membuat the Canaries terpaut 13 poin dari Burnley di posisi 16 atau zona aman.

Empat pertandingan tersisa Norwich tidak mampu mengejar poin Burnley. Norwich, sejauh ini, baru mengoleksi 21 poin dari 24 pertandingan.

Baca juga: Kalahkan Watford, Burnley Buka Peluang Bertahan di Liga Primer Inggris

"Ini kekecewaan yang pahit dan saya sepenuhnya bertanggung jawab," kata Dean Smith.

Smith tidak mampu mengangkat keterpurukan Norwich saat dia menggantikan Daniel Farke, November lalu. Start buruk di kompetisi kasta tertinggi Inggris menjadi penyebab Norwich tidak mampu bertahan musim ini.

"Saya mengambil bagian dari tanggung jawab karena saya datang ke sini untuk mencoba menjaganya. Sayangnya, di banyak pertandingan besar musim ini, kami belum mencapai level yang kami butuhkan,” jelas Smith.

Ini menjadi kali keempat Norwich kembali terlempar ke Divisi Championship usai promosi ke Liga Primer Inggris secara beruntun. Norwich, dilansir Opta, mengalami hal tersebut pada musim 2013/2014, 2015/2016, 2019/2020, dan 2021/2022. 

Kapten Norwich Grant Hanley mengakui klub tidak cukup baik sepanjang musim. 

"Saya kecewa dengan hasil ini. Mungkin adil, kami tidak cukup bagus musim ini. Sulit bagi saya untuk mengomentari apa pun sekarang. Emosi tinggi, kami memberikan segalanya tetapi itu tidak cukup untuk musim ini," ujarnya.

Namun, klub dikabarkan akan tetap mempertahankan Smith untuk musim depan. Dia akan ditugaskan untuk mengembalikan Norwich kembali ke Liga Primer Inggris. 

Smith, dari awal, memang ditunjuk klub bertujuan selain untuk bertahan di Liga Primer Inggris juga bisa membangun kembali tim jika mereka terdegradasi.

"Kami bergerak cepat sekarang dan kami berencana untuk bangkit kembali. Kami sudah merencanakan ini selama beberapa bulan terakhir. Kami akan bergerak maju sebagai klub sepak bola," ujar Smith. (AFP/Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT