28 April 2022, 10:00 WIB

Moyes Minta West Ham Manfaatkan Peluang dan Lolos ke Final Liga Europa


Basuki Eka Purnama |

DAVID Moyes meminta West Ham United memuncaki performa mereka di Liga Europa dengan mengalahkan Eintracht Frankfurt dan melaju ke final kompetisi Eropa pertama mereka dalam tempo 46 tahun.

The Hammers akan menjamu Frankfurt di laga leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (29/4) dini hari WIB.

Laga melawan Frankfurt adalah ulangan kala terakhir West Ham melaju ke semifinal kompetisi Eropa. Pada 1976, Trevor Brooking, Billy Bonds, dan rekan-rekannya mengalahkan Frankfurt dengan agregat 4-3 untuk melaju ke final Piala Winners sebelum mereka kalah dari Anderlecht di laga pamungkas.

Baca juga: Pendukung Eintracht Siap Banjiri Stadion London

Anak-anak asuhan Moyes berada di ambang mengulangi prestasi itu setelah mengalahkan lawan asal Kroasia, Belgia, Austria, Spanyol, dan Prancis dalam perjalanan mencapai babak semifinal.

Sejak kembali menukangi West Ham untuk kedua kalinya pada 2019, Moyes sukses mentransformasi the Hammers dari klub papan bawah menjadi klub papan atas yang berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan dengan menjadi juara Liga Europa.

Karneanya, pelatih Skotlandia itu menuntut para pemainnya memanfaatkan peluang dengan mengalahkan Frankfurt saat menjamu klub Bundesliga itu di Stadion London.

"Saya tidak menyangka memiliki tim sekuat ini. Apakah ini keberuntungan atau karena kerja keras? Saya rasa keduanya," ujar Moyes.

"Membawa West Ham dari posisi yang biasa mereka tempati ke posisin mereka hari ini adalah hal yang luar biasa. Membawa mereka ke semifinal kompetisi Eropa dan memberi kami kesempatan untuk melaju ke final benar-benar hebat," lanjutnya.

Frankfurt, yang saat ini menduduki peringkat sembilan klasemen Bundesliga, melaju ke semifinal Liga Europa setelah secara mengejutkan mengalahkan Barcelona dengan 30 ribu pendukung mereka memadati Camp Nou. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT