21 April 2022, 05:46 WIB

Forsberg Antar RB Leipzig ke Final DFB Pokal


Basuki Eka Purnama |

EMIL Forsberg mengantarkan RB Leipzig ke final DFB Pokal ketiga mereka dalam empat tahun terakhir lewat gol penentu kemenangan 2-1 timnya atas Union Berlin, Kamis (21/4) dini hari WIB.

Setelah gol dari tendangan penalti Andre Silva menyamakan kedudukan dari gol sundulan Sheraldo Becker di babak pertama, Forsberg mencetak gol pada menit kedua waktu tambahan untuk memastikan kemenangan Leipzig di laga semifinal ini.

Ini merupakan ketiga kalinya Forsberg mencetak gol di laga semi final DFB Pokal.

Baca juga: Freiburg Melaju ke Final DFB Pokal Perdana

Dia juga mencetak gol kemenangan pada menit ke-121 saat tahun lalu Leipzig menang atas Werder Bremen, setelah sebelumnya mencetak gol tatkala Leipzig menang 3-1 melawan Hamburg pada 2019.

"Ini momen yang tidak pernah Anda lupakan. Sulit dipercaya, itu cuma terjadi dalam sepak bola," kata Forsberg kepada Sky seperti dikutip AFP.

Di laga final, Leipzig akan ditantang Freiburg, yang mengalahkan Hamburg 3-1, sehari sebelumnya. Final akan digelar pada 21 Mei di Stadion Olimpiade, Berlin.

Leipzig tengah memburu gelar piala pertamanya setelah kalah di final sebelumnya dari Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund.

Tim tamu Union Berlin memimpin pada menit ke-25 saat Becker meneruskan umpan silang ke dalam gawang di tiang jauh yang seketika membuat pendukung tim tamu bersorak kegirangan.

Itu adalah kebobolan pertama Leipzig di ajang DFB Pokal musim ini.

Leipzig menyamakan kedudukan pada menit ke-61 setelah pencetak gol terbanyak klub ini, Christopher Nkunku, dijatuhkan di kotak penalti. Silva maju menjadi eksekutor penalti dan sukses mengonversinya menjadi gol.

Setelah gagal mengeksekusi tiga penalti musim ini melawan Paris Saint-Germain, Real Sociedad, dan Atalanta di Eropa, Silva melakukan selebrasi gol ketika tendangan penaltinya gagal dimentahkan kiper Union Berlin Frederik Roennow.

Di ambang perpanjangan, Forsberg, playmaker Swedia, meloloskan diri dari penjagaan untuk melompat lebih tinggi guna menanduk bola masuk gawang Union.

Hasil itu memperpanjang catatan tidak terkalahkan Leipzig menjadi 15 pertandingan di semua kompetisi.

Leipzig akan kembali menjamu Union, Sabtu (23/4), di laga Bundesliga menjelang laga leg pertama semifinal Liga Europa di kandang sendiri melawan Rangers pada 28 April. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT