19 April 2022, 12:45 WIB

Jelang Laga Liverpool vs MU, Klopp Lupakan Pertemanan dengan Rangnick


Basuki Eka Purnama |

MANAJER Liverpool Juergen Klopp mengatakan pertemanan dia dengan pelatih kepala sementara Manchester United Ralf Rangnick untuk sementara dia kesampingkan karena kedua tim akan beradu dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Rabu (20/4) dini hari WIB.

Kedua manajer sudah saling berhadapan selama di Bundesliga. Rangnick sendiri telah mempengaruhi Klopp dan pelatih-pelatih Jerman masa kini lainnya dengan taktik gegenpressing-nya.

Sebelum Rangnick pindah ke Old Trafford, Klopp memuji United karena merekrut pelatih 'luar biasa' tetapi manajer Liverpool itu mengaku tidak lagi rutin menghubungi Rangnick sejak dia pindah ke Inggris.

Baca juga: Erik ten Hag Segera Diperkenalkan Sebagai Pelatih MU

"Hubungan saya dengan Ralf Rangnick terhenti sementara," kata Klopp pada konferensi pers seperti dikutip ESPN, Selasa (19/4). "Saya belum berbicara dengannya sejak dia berada di Inggris semata karena rasa hormat, tetapi Anda bisa melihat perubahan yang dia buat di sana dan bagian yang sudah dia tingkatkan."

"Ketika saya mempersiapkan diri menghadapi pertandingan United, saya tidak memikirkan Ralf, ini soal mempersiapkan tim," lanjutnya.

Liverpool bisa melompati Manchester City ke posisi pertama klasemen Liga Primer Inggris jika menang melawan United di Anfield.

Tim asuhan Klopp mengarungi laga itu dengan bekal bagus setelah mengalahkan Benfica pekan lalu untuk mengamankan tempat di semifinal Liga Champions. The Reds kemudian memastikan tempat di final Piala FA setelah menggulingkan Man City 3-2, akhir pekan lalu.

Liverpool menyajikan penampilan menakjubkan dengan mengalahkan United 5-0 dalam pertandingan berat sebelah di Old Trafford tahun lalu tetapi Klopp mengingatkan United tetap tim yang berbahaya.

"Man United yang akan kami hadapi, mereka akan melakukannya," tambahnya.

"Mereka ingin lolos ke Liga Champions. Ini bakal menjadi 90 menit yang sengit. Kali ini kembali menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kedua tim. Kedua tim akan bertarung." lanjut Klopp.

Mohamed Salah mencetak hattrick dalam pertandingan yang mengesankan di kandang United tahun lalu tetapi tidak bisa lagi mencetak gol dari permainan terbuka sejak Februari. Meski begitu, Klopp tidak terpengaruh oleh performa sang penyerang.

"Ini masa yang sama sekali normal yang dia alami," kata Klopp. "Kami sudah membahas tuntutan fisik. Saya sangat menyukai pertandingan melawan (Manchester) City, itu pertandingan sepak bola yang sangat bagus, hanya soal waktu dia bakal mencetak gol lagi." (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT