19 April 2022, 11:30 WIB

Gagal Lolos ke Piala Dunia, Pelatih Timnas Kolombia Dipecat


Basuki Eka Purnama |

KOLOMBIA telah memecat pelatih timnas Reinaldo Rueda setelah Los Cafeteros gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Hal itu diungkapkan Federasi Sepak Bola Kolombia, Senin (19/4).

Kolombia gagal lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama sejak 2020 setelah membukukan catatan buruk gagal mencetak gol di tujuh laga beruntun.

Ini merupakan kali kedua Rueda gagal mengantarkan Kolombia ke Piala Dunia setelah sebelumnya pada 2006.

Baca juga: Maroko Sebut Pintu Timnas Masih Terbuka untuk Ziyech

Federasi Sepak Bola Kolombia mengatakan mereka telah mencapai kata sepakat dengan Rueda agar dia melepaskan posisinya ebagai direktur teknis dan pelatih timnas.

Meski memiliki banyak penyerang berkualitas eperti penyerang Liverpool Luis Diaz, Duvan Zapata (Atalanta), Radamel Falcao (Rayo Vallecano), dan James Rodriguez, yang bermain di Qatar, Kolombia tampil tumpul.

Kolombia hanya mampu menduduki peringkat enam di klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL dan gagal meraih tiket ke babak playoff interkontinental.

Rueda menukangi timnas Kolombia pada Januari 2021 menggantikan Carlos Queiroz yang membawa Kolombia meraih hasil buruk, kalah 3-0 dari Uruguay dan 6-1 dari Ekuador.

Rudea kemudian membawa Kolombia menang 3-0 atas Peru di laga pertamanya dan menjadi juara ketiga Copa America 2021. Namun, setelah itu, Kolombia tampil mandul dna harapan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 pupus.

Dari 22 laga bersama Rueda, Kolo,bia membukukan hasil tujuh kali menang, seri 10, dan kalah lima.

Rueda sebelumnya membawa Honduras dan Ekuador lolos ke Piala Dunia pada 2010 dan 2014 dan kemudian menukangi Cole selama tiga tahun sebelum kembali ke Kolombia. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT