18 April 2022, 04:52 WIB

Kalahkan Lorient, Nice Semakin Berpeluang Tampil di Liga Champions


Basuki Eka Purnama |

ANDY Delort mencetak dua gol, termasuk gol penentu kemenangan pada menit ke-88, ketika OGC Nice mengalahkn FC Lorient 2-1 dalam pertandingan Ligue 1 di Allianz Riviera, Nice, Minggu (17/4) malam. Hasil itu juga menguatkan asa Nice untuk lolos ke kualifikasi Liga Champions musim depan.

Nice masuk arena dengan catatan tidak terlalu meyakinkan setelah tidak pernah menang dalam empat pertandingan terakhir sehingga melorot dari peringkat kedua klasemen, sedangkan Lorient berusaha keras bertahan di kompetisi elite liga Prancis.

Tim Christophe Galtier itu mendominasi babak pertama namun hanya menghasilkan sedikit peluang bersih, termasuk tendangan Delort yang melebar dari gawang menjelang turun minum.

Baca juga: Nice Kalah Telak di Markas Lens

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-54 ketika Delort mencetak gol dari titik penalti setelah Khephren Thuram dijatuhkan bek Lorient Moritz Jenz.

Lorient menyamakan kedudukan tepat setelah tanda satu jam ketika Armand Lauriente meneruskan umpan Calvin Stengs dari kiri lapangan dengan melepaskan tembakan rendah yang bergulir di antara kedua kaki kiper Walter Benitez.

Nice kemudian membuat gol dari kaki Terem Moffi namun gol itu dianulir karena offside.

Ketika tuan rumah sepertinya hanya akan eraih satu poin, pada menit ke-88, gol kemenangan Nice tercipta setelah umpan silang matang dari Kasper Dolberg disundul oleh Delort di tiang jauh untuk membawa Nice menang dan hanya tertinggal dua poin dari peringkat ketiga.

Dalam pertandingan lain di Stadion Groupama, tuan rumah Lyon menyalip Lille dan Nantes ke urutan delapan klasemen setelah menggasak peringkat kedua terbawah Bordeaux dengan 6-1.

Moussa Dembele dan Karl Toko Ekambi masing-masing mencetak dua gol, sedangkan dua gol lainnya disarangkan Lucas Paqueta dan Romain Faivre. Bordeaux hanya membuat satu gol dari titik penalti pada menit ke-85 dari Sekou Mara.

Di Stade de l'Aube, Strasbourg, gagal menaiki posisi keempat setelah ditahan seri 1-1 oleh tuan rumah Troyes. Tim tamu unggul lebih dulu pada menit ke-56 dari gol kreasi Habib Diallo yang baru disamakan Florien Tardieu pada menit ke-85. Kedua gol tercipta dari titik penalti.

Mets dan Clermont Foot juga berakhir seri 1-1 dalam pertandingan antara dua tim terbawah di kandang Metz di Stade Saint-Symphorien.

Metz unggul lebih dulu pada menit ke-24 dari gol Nicolas de Preville yang disamakan Jodel Dossou pada menit 37. Metz terpaksa bermain dengan sepuluh orang setelah Ibrahima Niane dihukum kartu merah pada menit ke-40.

Hasil seri 1-1 juga dicatat tuan rumah Nantes dan Angers, yang bermain di La Beaujoire-Louis-Fonteneau. Angers lebih dulu mencetak gol pada menit ke-18 dari Sofiane Boufal yang baru disamakan Kalifa Coulibaly pada menit ke-53.

Sedangkan laga lainnya di Stade de la Mosson, tuan rumah Montpellier hanya bisa 0-0 melawan Stade de Reims.

Nantes, Montpellier, Reims dan Angers bertahan di papan tengah dengan masing-masing menduduki urutan 9, 11, 13, dan 14. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT