15 April 2022, 04:22 WIB

Sempat Tertinggal Lebih Dulu, Leicester Kalahkan PSV dan Melaju ke Semifinal Liga Konferensi UEFA


Basuki Eka Purnama |

LEICESTER City membalikkan keadaan untuk mengamankan satu tempat di semifinal Liga Konferensi UEFA setelah mengalahkan PSV Eindhoven dengan skor 2-1 di Stadion Philips, Eindhoven, Jumat (15/4) dini hari WIB.

Leicester City sempat tertinggal lebih dulu ketika PSV Eindhoven membuat gol melalui Eran Zahavi sebelum dibalas James Maddison dan Ricardo Pereira.

Kemenangan itu membuat Leicester City unggul 2-1 secara agregat atas PSV Eindhoven setelah di laga leg pertama, di Stadion King Power, pekan lalu, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Baca juga: UEFA Skors Manajer Bodo/Glimt dan Pelatih AS Roma

Di babak pertama, PSV mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan bek sayap Philipp Max memberikan umpan yang dikonversi menjadi tendangan keras oleh Mario Gotze, namun upayanya tersebut masih dihalau oleh Kasper Schmeichel.

Selanjutnya, giliran Leicester City yang memberikan ancaman setelah Harvey Barnes berlari kencang ke kotak penalti PSV dan melepaskan tembakan yang masih menyamping di sisi kiri gawang.

PSV mampu untuk unggul lebih dulu pada menit ke-27, berawal dari kesalahan lini pertahanan Leicester dan dimanfaatkan oleh Gotze, yang mengirimkan umpn kepada Eran Zahavi sebelum akhirnya penyerang asal Israel itu mampu menaklukkan Schmeichel dan mengubah skor menjadi 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Leicester sempat memiliki peluang ketika tendangan dari James Maddison membentur pemain PSV dan menuju gawang sebelum akhirnya disapu oleh Tize.

Berangkat dengan keunggulan satu gol di babak kedua, PSV kembali lebih dulu memberikan ancaman ke gawang Leicester ketika penyerang Joey Veerman melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun upayanya tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang.

Leicester memberikan ancaman kali ini melalui Patson Daka yang berhasil menerima umpan terobosan dari Kalechi Iheanacho, namun eksekusi pemain asal Zambia tersebut masih belum menemui sasaran.

Gol penyama kedudukan dari Leicester akhirnya lahir pada menit ke-77 ketika Ayoze Perez mampu mengirimkan umpan tarik kepada Maddison yang selanjutnya berhasil dieksekusi dengan baik ke gawang lawan.

Berhasil menyamakan kedudukan, Leicester City terus melakukan serangan dan membuahkan hasil pada menit ke-88 ketika Ricardo Pereira mampu menyambut bola muntah tendangan Daka yang tidak bisa dibendung oleh kiper PSV Yvon Mvogo untuk membalikkan keadaan dan menutup pertandingan itu dengan kemenangan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT