07 April 2022, 13:00 WIB

Koeman akan Kembali Tukangi Timnas Belanda Selepas Piala Dunia 2022


Basuki Eka Purnama |

RONALD Koeman akan melengkapi perjalanannya dengan langkah putar balik menjadi pelatih timnas Belanda lagi setelah putaran final Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan rampung Desember nanti.

Koeman dipercaya meneruskan tongkat estafet dari Louis van Gaal, yang hanya bertugas hingga akhir Piala Dunia 2022. Hal itu diungkapkan situs resmi federasi sepak bola Belanda, KNVB, Rabu (6/4).

Ini akan menjadi tenor kedua Koeman menangani Tim Oranye setelah sebelumnya ia juga mendampingi Virgil van Dijk dkk hingga ke final Liga Negara UEFA 2018/19 sebelum menerima pinangan Barcelona pada musim panas 2020.

Baca juga: Van Gaal Sebut Undian Belanda di Piala Dunia 2022 Lebih Mudah Ketimbang 2014

"Saya tidak sabar untuk kolaborasi baru ini. Sekitar satu setengah tahun lalu, saya pergi dari timnas Belanda bukan karena kegagalan," kata Koeman dikutip dari situs resmi KNVB.

"Masa tugas saya terasa bagus, hasilnya bagus dan kemampuan beradaptasi di tingkat internasional juga bagus. Kami akan melanjutkan di jalan itu. Itu jelas bagi saya," tambahnya.

Meski Koeman mengatakan kepergiannya dari timnas Belanda tanpa menyisakan kegagalan, justru kedatangannya kembali justru membawa serta bayang-bayang kegagalan sebagai pelatih Barcelona.

Di musim pertamanya menukangi Barcelona, Koeman mengantarkan Blaugrana mengangkat trofi Copa del Rey 2020/21, peringkat ketiga La Liga, dan terhenti di babak 16 besar Liga Champions.

Namun, hasil buruk do awal musim membuat Koeman ditendang oleh manajemen Barcelona hanya setelah 11 pertandingan pertama La Liga.

Meski demikian Direktur Sepak Bola Profesional KNVB Marianne van Leeuwen mengaku pihaknya memilih Koeman berdasarkan rekam jejak tenor pertamanya bersama timnas Belanda.

"Kami sangat senang Ronald akan kembali tahun depan. Dalam tenor sebelumnya di sini, ada kepuasan besar atas pekerjaannya dan hasil yang kami dapat," ujar Van Leeuwen.

Di tenor pertamanya menangani Belanda, 6 Februari 2018 sampai dengan 18 Agustus 2020 Koeman memiliki rekam jejak 11 kemenangan dan lima hasil imbang dari 20 pertandingan kompetitif yang dipimpinnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT