06 April 2022, 23:16 WIB

Ini Macam Pilihan Formasi dalam Permainan Sepak Bola


Pierre Lavender |

FORMASI menjadi salah satu faktor yang memiliki andil dalam sebuah kemenangan di pertandingan. Tanpa adanya pemilihan formasi, para pemain akan bermain secara tidak teratur dan memungkinkan tim tersebut belum bisa memenangkan pertandingan. Oleh karena itu, formasi harus dipilih dengan tepat dan diterapkan pada saat pertandingan dimulai.

Berikut merupakan formasi dalam sepak bola, antara lain;

1. 4-4-2

Menggunakan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah dan 2 pemain penyerang. Keunggulan formasi ini ialah dimensi serang di lini sayap yang akan tajam, namun kekurangannya gelandang akan kewalahan karena dituntut menyerang serta bertahan.

2. 4-3-3

Menggunakan posisi pemain yang sangat fleksibel tergantung jalannya pertandingan. Keunggulan formasi ini ialah dimensi tengah dan penyerang seimbang, namun kekurangannya hanya memiliki satu penyerang murni.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Sistem Pertandingan di FIFA World Cup

3. 4-2-3-1

Menggunakan posisi pemain yang bertumpu pada dimensi tengah. Keunggulan formasi ini ialah formasi yang seimbang sehingga kuat bertahan dan tajam ketika menyerang, sementara kekurangannya gelandang serang dituntut kreatif.

4. 4-3-2-1

Menggunakan posisi pemain yang mengharuskan satu gelandang akan sering beroperasi di daerah pertahanan lawan. Kelebihan formasi ini ialah permainan akan tajam, sedangkan kekurangannya gelandang bertahan harus mempunyai kondisi prima selama 90 menit karena bekerja sangat keras.

Formasi tersebut cukup familiar karena kerap dipakai oleh tim sepak bola berlaga. Namun yang perlu diingat, setiap formasi memiliki kelebihan  dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, formasi harus ditentukan dengan baik dan tepat sasaran tentunya dengan persiapan sebelum bertanding.(OL-5)

BERITA TERKAIT