28 March 2022, 12:25 WIB

Pulisic Hattrick, Amerika Selangkah Lagi ke Piala Dunia Qatar


Dhika Kusuma Winata |

TIMNAS Amerika Serikat menang telak 5-1 atas Panama pada lanjutan playoff kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf, Senin (28/3) pagi WIB. Sang kapten Amerika, Christian Pulisic, tampil gemilang mencetak hattrick dan membawa timnya makin dekat melangkah ke Qatar.

Bermain di Stadion Exploria, Orlando, pemain Chelsea itu menjadi inspirasi membukukan dua golnya lewat penalti pada menit ke-17 dan ke-45. Dia mencetak gol ketiganya di menit ke-65 dengan indah mengontrol bola sambil memutar dan mengecoh dua bek lawan. Trigol itu menjadi yang pertama bagi Pulisic di timnas.

Dua gol Amerika lainnya diciptakan Paul Arriola pada menit ke-23 dan Jesus Ferreira pada menit ke-27 sedangkan gol Panama dicetak Anibal Godoy pada menit ke-86.

"Rasanya luar biasa mencetak hattrick, tentu saja karena ini hattrick pertama saya bersama timnas. Tetapi yang lebih penting membantu tim menang dan menempatkan kami di posisi yang bagus dengan satu pertandingan tersisa," kata Pulisic.

Kemenangan itu membuat Amerika makin dekat untuk lolos ke putaran final Piala Dunia. Di klasemen, mereka di posisi kedua di bawah Kanada yang sudah memastikan tempat di Qatar.

Di laga terakhir melawan Kosta Rika, Amerika hanya perlu bermain imbang. Kalah pun tetap lolos dengan catatan tidak lebih dari enam gol. Kosta Rika saat ini berada di posisi keempat klasemen selisih tiga poin dari Amerika di urutan kedua.

"Tentu saja kami bisa menikmati malam ini, tapi pekerjaan belum selesai. Kami memiliki satu pertandingan lagi yang sangat penting dan kami menganggapnya sangat serius. Kami harus menyelesaikan pekerjaan ini," imbuh pemain berusia 23 tahun itu.

Kosta Rika juga berhasil mencatatkan kemenangan atas El Savador 1-2 melalui gol Anthony Contreras dan Joel Campbell.

Pada laga lain, Meksiko menang tipis 0-1 dari Honduras. Gol semata wayang diciptakan Edsol Alvares di menit ke-70. Meksiko berada di posisi ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Amerika.

Total tiga tim teratas zona kualifikasi Amerika Tengah dan Utara ini akan langsung lolos ke Piala Dunia 2022 sedangkan tim di urutan keempat akan melakoni playoff lanjutan berhadapan dengan wakil Oseania. (AFP/Goal/OL-13)

Baca Juga: Kanada Raih Tiket Piala Dunia Qatar Setelah 36 Tahun Berjuang

BERITA TERKAIT