12 March 2022, 14:59 WIB

Format Penilaian Ballon d'Or Diubah Jadi Satu Musim Kompetisi


Dhika Kusuma Winata |

FRANCE Football selaku penyelenggara ajang penghargaan sepak bola Ballon d'Or merombak format penilaian. Untuk tahun ini, penghargaan diberikan berdasarkan penilaian pemain pada satu musim penuh kompetisi di liga.

"Ini adalah kesempatan untuk memberikan dorongan baru. Sebelumnya kami menilai berdasarkan dua setengah musim. Ini akan lebih jelas," kata kepala editor France Football, Pascal Ferre.

Penilaian Ballon d'Or sebelumnya berdasarkan satu tahun kalender Januari-Desember. Basis penilaian rentangnya kini diubah sejak Agustus hingga Juli. Adapun pemberian penghargaan untuk 2022 ini dijadwalkan pada September atau Oktober mendatang.

Perubahan itu dilakukan menjawab komentar miring yang terjadi beberapa waktu belakangan khususnya ketika Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2021 menyusul kepindahan ke klub Prancis, PSG.

Banyak pengamat menilai penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski lebih pantas memenangi memenanginya. Penampilan Lewandowski sepanjang 2021 dinilai lebih mentereng dan dia juga sukses diganjar penghargaan pemain terbaik dari FIFA.

Baca juga: Klopp Minta Skuad Liverpool Waspadai Penguasaan Bola dari Brighton

France Football juga akan memperjelas kriteria berdasarkan penampilan individual yang menonjol daripada faktor-faktor lain seperti piala yang dimenangi.

"Ini tentang menghindari ambiguitas agar menjadi jelas dan koheren. Ballon d'Or adalah penghargaan individu berdasarkan penampilan individu," kata Ferre.

France Football juga menyatakan Piala Dunia di Qatar yang berlangsung November hingga Desember tahun ini tetap masuk dalam penilaian namun untuk penghargaan 2023. (AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT