06 March 2022, 18:16 WIB

PSSI Segera Terapkan Asisten Wasit Tambahan 


Dhika Kusuma Winata |

PSSI menggelar pembekalan pada wasit/asisten wasit yang nantinya akan diterapkan sebagai tambahan atau additional assistant referee (AAR). Penerapan asisten wasit tambahan itu akan segera diberlakukan pada pertandingan BRI Liga 1. 

"Sesuai dengan arahan Ketum PSSI, maka kami harus merespon cepat dengan situasi yang terjadi. Penambahan asisten wasit merupakan salah satu langkah kami untuk menjaga komitmen tersebut. Kami berharap kualitas pertandingan di BRI Liga 1 2021/2022 juga lebih berkualitas dan menarik dengan adanya penambahan asisten wasit," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi melalui keterangannya, Minggu (6/3). 

PSSI memutuskan akan menambah asisten wasit yang bertugas pada setiap pertandingan. Kebijakan itu untuk menjawab kontroversi terkait keputusan pengadil lapangan. 

Rencananya, penerapan dua tambahan asisten wasit di dekat gawang itu akan dilakukan mulai pekan ke-30 liga, tepatnya pada 9 Maret mendatang. 

Baca juga : Ronaldo Kemungkinan Absen Pada Derbi Manchester

Yunus Nusi menegaskan pihaknya selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas kinerja wasit. Untuk mempersiapkannya, PSSI pun memberi pembekalan materi teori dan praktek penerapan tambahan asisten wasit di salah satu hotel di Badung, Bali, Minggu (6/3). Semua wasit dan asisten wasit yang terlibat di BRI Liga 1 2021/2022 mengikuti acara tersebut. 

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, mendukung kebijakan tambahan asisten wasit itu demi menjaga dan meningkatkan kualitas pertandingan kasta tertinggi sepak bola nasional tersebut. Dengan kebijakan baru itu, dia berharap tidak ada lagi keputusan yang kontroversial dan semua pihak menghormati setiap keputusan wasit. 

"Keputusan yang diambil sang pengadil pada saat pertandingan akan lebih obyektif dan fair. Ada asisten wasit tambahan yang posisinya akan lebih dekat dengan gawang. Mereka bisa menginformasikan fakta yang sebenarnya pada wasit utama," kata Akhmad. ((OL-7)

BERITA TERKAIT