03 March 2022, 21:54 WIB

UEFA Larang Timnas dan Klub Belarusia Jadi Tuan Rumah


Widhoroso |

BADAN Sepak Bola Eropa (UEFA) memerintahkan timnas dan klub asal Belarusia menjamu lawan-lawan di kompetisi Eropa di lokasi netral alias di luar Belarusia. Hal itu dinyatakan UEFA, Kamis (3/3) menyikapi invasi militer Rusia ke Ukraina. Belarusia dinilai telah membantu Rusia dalam serangan militer ke Ukraina.

Hukuman UEFA membuat Belarusia dipastikan tidak akan bisa menjamu Azerbaijan dan Moldova dalam lanjutan laga Nations League, 6 dan 10 Juni mendatang di negara sendiri.

Hal yang sama juga dialami timnas putri Belarusia yang rencananya akan menjamu Islandia dalam laga uji coba 7 April mendatang. Sedangkan saat ini, klub-klub Belarusia tidak ada lagi yang berkiprah di kompetisi Eropa.

Larangan timnas dan klub Belarusia menjamu lawan di kompetisi Eropa di kandang sendiri, dikeluarkan UEFA setelah sebelumnya hukuman terhadap timnas dan klub-klub asal Rusia dijatuhkan FIFA dan UEFA. Oleh FIFA, Rusia dilarang tampil di Piala Dunia dan UEFA menghukum timnas dan klub-klub Rusia tampil di kompetisi Eropa.

Spartak Moskow menjadi klub yang terkena imbang agresi militer Rusia ke Ukraina. Klub papan atas Rusia itu, didiskualifikasi dari babak 16 besar Liga Europa. Keputusan itu membuat klub Jerman, RB Leipzig yang menjadi lawan Spartak Moskow, mendapat bye dan lolos ke babak perempat final. (AFP/OL-15)

 

BERITA TERKAIT