02 March 2022, 12:35 WIB

Klopp Sebut Neuroscience Berperan dalam Upaya Liverpool Rebut Empat Gelar


Basuki Eka Purnama |

JUERGEN Klopp, Selasa (1/3), mengatakan neuroscience berperan dalam upaya Liverpool memenangkan empat gelar pada musim ini.

The Reds telah memenangkan gelar pertama dari empat gelar yang masih dalam jangkauan mereka kalah menang adu penalti 11-10 atas Chelsea di laga final Piala Liga, Senin (28/2) dini hari WIB.

Klopp menyebut kepercayaannya pada teknologi canggih berperan dalam kesuksesan timnya.

Baca juga: The Reds Bidik Quadruple

Pelatih Liverpool itu menggunkan jasa perusahaan Jerman Neuro11, sejak beberapa tahun lalu, untuk memperkuat kekuatan mental timnya.

Dia telah menggunakan ilmu pengetahuan untuk memperkuat pola pikir pemainnya saat set piece, termasuk eksekusi penalti, yang dibuktikan setelah 11 pemain the Reds sukses menjalankan tugas mereka di laga final Piala Liga melawan Chelsea.

"Pengaruhnya luar biasa. Mereka adalah bagian dari staf kepelatihan kami. Mereka tidak berada di sini karena kantor merek ada di Jerman namun mereka kerap datang ke sini," ujar Klopp, Selasa (1/3).

"Mereka ada di sini pekan lalu begitu juga pekan sebelumnya."

"Semua pemain senang dengan hal itu dan mereka sukses menghadirkan pola pikir yang tepat saat set piece," lanjut Klopp.

Dengan Liverpool akan menjamu Norwich di putaran kelima Piala FA, Kamis (3/3) dini hari WIB, para pemain the Reds dipastikan tidak boleh mengendur.

The Reds juga akan memainkan laga leg keua 16 besar Liga Champions setelah mengantongi keunggulan 2-0 atas Inter Milan.

Di Liga Primer Inggris, Liverpool tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Manchester City.

Jika Liverpool sukses menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan empat gelar dalam satu musim, Klopp bisa dipastikan berterima kasih kepada para ilmuwan neuroscience-nya.

"Semuanya diukur. Mereka adalah ilmuwan dan apa yang mereka lakukan menarik dan penting bagi kamu," kata Klopp.

"Mereka tidak hanya membahas soal penalti namun semua set piece. Apa yang mereka lakukan meningkatkan kepercayaan para pemain dan saya sangat senang dengan hal itu," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT