01 March 2022, 04:57 WIB

Timnas Rusia Didepak dari Piala Dunia, Klub Dilarang Tampil di Kompetisi Internasional


Basuki Eka Purnama |

RUSIA didepak dari Piala Dunia 2022 dan tim asal negara itu dilarang ambil bagian dalam kompetisi sepak bola internasional hingga pemberitahuan lebih lanjut setelah Moskow melancarkan invasi ke Ukraina. Hal itu dioumumkan FIFA dalam pernyataan bersama dengan UEFA, Senoin (28/2).

Timnas putra Rusia dijadwalkan tampil di laga playoff Piala Dunia, pada bulan ini, sementara timnas putri akan tampil di Piala Eropa yang akan digelar di Inggris pada Juli mendatang.

Keputusan itu juga mempengaruhi klub Rusia yang berlaga di kompetisi Eropa.

Baca juga: FIFA Dikabarkan Larang Rusia Lakoni Laga Internasional

"FIFA dan UEFA, hari ini, bersama-sama memutuskan bahwa semua tim asal Rusia, apakah timnas atau klub, akan dilarnag tampil di semua kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan berikutnya," ungkap FIFA dalam pernyataan bersama dengan UEFA.

Rusia dijadwalkan berhadapan dengan Polandia di laga semifinal playoff Piala Dunia 2022 pada 24 Maret dan jika menang akan berhadapan dengan pemenang laga antara Swedia dan Rep Ceko pada 29 Maret untuk memperebutkan tiket ke Qatar.

Namun, Polandia, Swedia, dan Rep Ceko menegaskan menolak berhadapan dengan Rusia pascainvasi ke Ukraina.

FIFA, Minggu (27/2), mengumumkan bahwa timnas Rusia diizinkan tampil di laga playoff itu dengan nama Federasi Sepak Bola Rusia dan memainkan laga di tempat netral dan tanpa penonton. Lagu kebangsaan dan bendera Rusia dilarang ditampilkan dalam laga tersebut.

Namun, keputusan FIFA itu dituding 'tidak memadai' oleh Presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia Cezary Kulesza, yang menegaskan timnas negaranya tidak akan tampil melawan Rusia, "apa pun nama yang mereka gunakan".

FIFA mengubah posisi mereka pada Senin (28/2) dengan menendang Rusia dari Piala Dunia 2022.

"Sepak bola bersatu dan menyatakan solidaritas dengan seluruh warga Ukraina," ungkap FIFA.

"Presiden FIFA dan UEFA berharap situasi di Ukraina bisa membaik dengan segera agar sepak bola bisa kembali menjadi pemersatu di antara warga," lanjut FIFA.

Adapun timnas putri Rusia berada satu grup dengan Belanda, Swedia, dan Swiss di Piala Eropa putri.

Sementara itu, Spartak Moskow akan berhadapan dengan RB Leipzig di 16 besar Liga Europa, bulan depan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT