28 February 2022, 11:15 WIB

Caoimhin Kelleher, Pahlawan Liverpool di Final Piala Liga


Dhika Kusuma Winata |

LIVERPOOL meraih gelar pertama musim ini seusai mengalahkan Chelsea melalui adu penalti di laga final Piala Liga, Senin (28/2) dini hari WIB. Laga yang digelar di Stadion Wembley itu berlangsung sengit dan terjadi saling balas serangan yang membuahkan hujan peluang.

Namun, skor 0-0 bertahan hingga akhirnya dilanjutkan ke babak tambahan. Masih tanpa gol di babak ekstra, kedua tim menuntaskan laga lewat adu penalti.

Juergen Klopp sukses dengan pilihannya menurunkan kiper Caoimhin Kelleher yang selama ini menjadi pelapis Alisson Becker. Tidak dinyana, Kelleher menjadi pahlawan dengan sejumlah penyelamatan gemilang sepanjang 90 menit dan babak tambahan.

Baca juga: Menang Adu Penalti, Liverpool Juara Piala Liga

"Caoimhin Kelleher masih muda, bermain di semua pertandingan di kompetisi ini. Saya tidak bisa mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa bermain di final," kata Klopp.

Penjaga gawang berusia 23 tahun itu juga menjadi penentu kemenangan ketika turut menceploskan gol pada adu penalti yang berakhir 10-11 untuk Liverpool.

Adu penalti berlangsung mendebarkan karena 10 penendang kedua tim semuanya mampu memasukkan bola hingga akhirnya ditentukan sepakan kiper.

Kelleher sukses melesatkan gol dengan tenang sedangkan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga gagal lantaran tendangannya membumbung tinggi.

Perjalanan anak asuh Klopp meniti perburuan empat gelar pun kini dimulai. Dengan kemenangan itu, The Reds merengkuh trofi Piala Liga yang kesembilan dan mengukuhkan diri sebagai klub terbanyak yang menjuarai titel domestik itu.

Klopp menyebut trofi Piala Liga itu sebagai awal dari perburuan bersejarah mereka.

"Kami memiliki kesempatan untuk berjuang (merebut lebih banyak trofi). Kami harus bekerja keras pada Rabu (melawan Norwich di lanjutan Piala FA), kami bermain lagi dan kami akan mencobanya," kata Klopp.

"Saya senang orang-orang bisa merayakan sesuatu seperti ini di masa sulit. Chelsea sangat kuat, kami berimbang satu sama lain jadi kami perlu memiliki keberuntungan," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT