25 February 2022, 10:11 WIB

Barcelona Jaga Asa Raih Gelar Musim Ini


Akmal Fauzi |

BARCELONA melaju ke babak 16 besar Liga Europa, Jumat (25/2) dini hari WIB, setelah mengalahkan Napoli 4-2 di babak play-off  di Stadio Diego Armando. Skuad asuhan Xavi Hernandez itu unggul 5-3 secara agregat usai bermain imbang 1-1 di leg pertama di Camp Nou.

Hasil ini membuat Barcelona menjaga asa untuk meraih gelar di musim ini. Sebelumnya mereka terdegradasi dari Liga Champions. Blaugrana itu juga telah tersingkir dari Copa del Rey dan tampak sulit mengejar Real Madrid di papan atas LaLiga.

Di babak pertama Barcelona mencetak gol melalui Jordi Alba (8'), Frenkie de Jong (13'), dan Gerard Pique (45'). Sementara itu, Napoli memperkecil jarak lewat tendangan penalti Lorenzo Insigne pada menit ke-23.

Memasuki babak kedua, Barcelona menambah keunggulan lewat aksi Pierre-Emerick Aubameyang (59'). Napoli hanya membalas satu kali lewat Matteo Politano (87').

"Ini adalah kemenangan yang memberi kami kepercayaan diri. Kami mendominasi selama 90 menit dan ini adalah kali pertama kami benar-benar melakukannya sejak saya melatih di sini," kata Pelatih Barcelona Xavi Hernandez.

Baca juga: Barcelona Melaju ke 16 Besar usai Kandaskan Napoli 4-2

Xavi juga memuji permainan tim asuhannya. Dia puas Blaugrana berhasil mendominasi permainan saat menghadapi Napoli.

"Mungkin ini adalah pertandingan paling lengkap yang pernah kami mainkan," ujarnya.

Namun, Xavi tidak mau besar kepala. Menurutnya, perjalanan Barcelona masih panjang dan penuh dengan kesulitan.

"Favorit menjuarai Liga Europa? Tidak sama sekali. Kami harus bekerja dengan segala kerendahan hati. Kami menampilkan permainan hebat. Namun, kami baru berada pada babak 16 besar. Tidak ada yang dimenangi pada tahap ini," tuturnya.

Pelatih Napoli Luciano Spalletti mengatakan, timnya membuat banyak kesalahan daripada yang biasa dilakukan.

"Kami harus jujur, mereka membuat kesalahan jauh lebih sedikit daripada yang kami lakukan dalam penguasaan bola," kata Spalletti.

"Ini sangat mengecewakan karena kami memiliki atmosfer Napoli yang nyata. Kami bekerja sangat keras agar semua orang bisa kembali ke sini bersama lagi dan itu membuat kami kecewa dua kali lipat. Mungkin itu bahkan lebih mengecewakan daripada hasilnya," tukasnya.(Footballitalia/OL-5)

BERITA TERKAIT