23 February 2022, 10:00 WIB

Klopp Berharap Bisa Mainkan Firmino dan Jota di Final Piala Liga


Basuki Eka Purnama |

JUERGEN Klopp menyatakan ia dan tim medis Liverpool akan berusaha keras menempuh segala cara agar dua pemainnya yang tengah cedera, Roberto Firmino dan Diogo Jota, bisa bermain di laga final Piala Liga Inggris melawan Chelsea.

Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Wembley pada Minggu (27/2) dan, menurut Klopp, saat ini semuanya masih terlalu dini untuk bisa memastikan kondisi kebugaran Firmino maupun Jota.

"Ya, masih terlalu dini untuk membicarakan itu," kata Klopp selepas sesi latihan. Senin (21/2), seperti dikutip dari situs resmi Liverpool, Rabu (23/2).

Baca juga: Jota Antar Liverpool ke Final Piala Liga

Jota hanya bisa tampil satu babak di laga leg pertama 16 besar Liga Champions kontra Inter Milan di San Siro, Rabu (16/2) lalu, karena mengalami masalah pergelangan kaki dan ia digantikan Firmino saat sepak mula babak kedua.

Firmino mencetak gol pembuka kemenangan 2-0 atas Inter di laga itu, tetapi kemudian selepas pertandingan dikonfirmasi mengalami masalah cedera otot. 

Baik Firmino maupun Jota absen ketika Liverpool mengalahkan Norwich City 3-1 di Anfield, akhir pekan lalu.

Meski masih terlalu dini, untuk memastikan kebugaran Firmino maupun Jota, Klopp menegaskan ia dan jajarannya akan mengerahkan segenap kemampuan untuk bisa membawa kedua pemain depan itu tampil di Wembley.

"Saya tidak tahu apakah situasi ini akan menjadi keputusan di menit-menit akhir atau tidak, sebagaimana saya bilang semuanya masih terlalu dini," katanya.

"Hari ini, saya melihat mereka, keduanya terlihat baik-baik saja, tapi itu memang sudah biasanya."

"Kami harus memastikan perkembangan beberapa hal spesifik, tapi tentu saja kami akan menempuh segala cara," tutup Klopp.

Jota berperan penting mengantarkan Liverpool ke final Piala Liga lewat dua golnya ke gawang Arsenal di laga leg kedua semifinal, saat Sadio Mane dan Mohamed Salah tengah sibuk di Piala Afrika.

Musim ini, Jota telah mencatatkan 17 gol di semua kompetisi dan berada di posisi kedua daftar top skor Liga Primer Inggris dengan 12 gol, di bawah Salah yang punya 17 gol.

Sementara Firmino, meski menit bermainnya kian terkikis tapi kerap menjadi kartu as untuk membukakan ruang bagi Salah maupun Mane melakukan tusukan dan musim ini mengemas delapan gol serta empat assist dalam 24 penampilan di semua kompetisi.

Ini akan menjadi kali kedua Klopp mendampingi Liverpool di final Piala Liga, setelah musim 2015/16 hanya sekira lima bulan selepas ditunjuk menggantikan Brendan Rogers. Kala itu, The Reds kalah lewat adu penalti dari Manchester City. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT