22 February 2022, 22:29 WIB

Krisis Ukraina-Rusia Meningkat, UEFA Pertimbangkan Pindahkan Final Liga Champions


Widhoroso |

UEFA berpotensi memindahkan laga final Liga Champions musim 2021-2022 dari St Petersburg di tengah meningkatnya krisis Rusia-Ukraina. Final UCL musim ini dijadwalkan berlangsung di kota terbesar kedua Rusia tersebut, yang merupakan salah satu tempat utama dalam pergelaran Piala Dunia 2018 dan Euro 2020.

UEFA saat ini masih dalam keputusan awal yakni menggelar final Liga Champions di Stadion Krestovsky atau yang lebih dikenal dengan Gazprom Arena itu. Tapi, dapat dipahami bahwa situasinya masih fluktuatif, bahkan dapat berubah dalam waktu singkat.

"UEFA secara konstan dan cermat terus memantau situasi. Saat ini, tidak ada rencana untuk mengubah tempat untuk menggelar laga final Liga Champions,” begitu bunyi rilis resmi UEFA, Selasa (22/2).

Laga bakal lebih sulit digelar di Rusia menyusul keputusan Presiden Vladimir Putin yang telah mengirim pasukan ke Ukraina Timur. Militer Rusia dikirim dengan "tugas penjaga perdamaian" setelah dekrit presiden yang mengakui dua wilayah separatis di Ukraina Timur, Luhansk dan Donetsk, sebagai negara bagian independen yang ditargetkan bergabung ke Moskow.

Situasi tidak biasa juga terjadi pada final musim lalu antara Chelsea dan Manchester City yang dipindahkan ke Porto dari Istanbul hanya dalam rentang waktu dua pekan karena pandemi Covid-19. Turki memang masuk dalam ‘daftar merah’ Inggris dan itu artinya para suporter kedua tim tidak bisa melakukan perjalanan untuk menyaksikan langsung laga tersebut karena tingkat risiko virus korona. (OL-15)

BERITA TERKAIT