22 February 2022, 13:00 WIB

Pele Harus Dirawat di Rumah Sakit karena Infeksi Saluran Kemih


Basuki Eka Purnama, Dhika Kusuma Winata |

LEGENDA sepak bola Brasil Pele harus dirawat di rumah sakit karen menglami infeksi saluran kemih. Pele dirawat di sebuah rumah sakit di Sao Paulo, tempat dia sendang menjalani kemoterapi untuk kanker usus besar yang dideritanya.

Mantan pemain berusia 81 tahun, yang dijuluki O Rei (Raja) itu sebelumnya mendatangi Rumah Sakit Albert Einstien di Sao Paulo pada 13 Februari untuk melanjutkan perawatan untuk kanker usus besar, yang terdeteksi, September lalu. Namun, dia tidak meninggalkan rumah sakit sejak saat itu.

Baca juga: Pele Kembali Masuk Rumah Sakit

Delapan hari kemudian, rumah sakit mengungkapkan telah mendeteksi infeksi saluran kemih setelah memeriksa Pele.

"Kondisi klinisnya stabil dan dia kemungkinan diizinkan meninggalkan rumah sakit dalam beberapa hari," ungkap pihak rumah sakit, Senin (21/2).

Pele menjalani operasi tumor pada 4 September dan dirawat selama satu bulan sebelum diizinkan pulang untuk melanjutkan proses kemoterapi.

Baca juga: Risiko Efek Samping Kemoterapi pada Pasien Kanker Ternyata Bisa Diminimalkan 

Dipandang sebagai pemain terbaik dunia, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascumento itu merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang menenangkan tiga gelar Piala Dunia yaitu pada 1958, 1962, dan 1970.

Namanya mula melejit di usia 17 tahun kala mencetak gol apik, termasuk dua di laga final melawa Swedia saat Brasil menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1958.

Dia kemudian menjalani karier gemilang dengan mencetak lebih dari 1.000 gol sebelum memutuskan pensiun pada 1977. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT