04 February 2022, 19:40 WIB

Alami Sindrom Betis Tua, Ramos Terancam Pensiun Lebih Cepat


Widhoroso |

KARIER bek Paris Saint-Germain (PSG) Sergio Ramos terancam tamat lantaran cedera yang tak kunjung mereda. Pemain berusia 35 tahun itu bergabung dengan PSG dari Real Madrid pada musim panas lalu tetapi baru tampil sebanyak lima kali di semua kompetisi musim ini karena permasalahan otot.

Menurut media Prancis Le Parisien, mantan pemain Real Madrid itu mempertimbangkan gantung sepatu karena tubuhnya mulai tidak kuat. Selama 18 bulan terakhir, Ramos dibayangi cedera tak berkesudahan.

Ia cuma tampil 15 kali di La Liga musim lalu bersama Real Madrid dan melewatkan Euro 2020 karena jarang tampil di klub. Dua cedera utama yang melandanya musim kemarin adalah meniskus yang robek dan radang tendon.

"Cederanya sangat sulit karena Anda tak pernah bisa memprediksi bagaimana mereka bakal berevolusi. Ini semua soal konfigurasi otot betis," ungkap Jean-Marcel Ferret, mantan dokter tim nasional Prancis.

"Anda harus mempertimbangkan bagaimana ototnya sudah menua, mengingat berbagai hantaman yang Ramos terima selama 19 musim kariernya di level tertinggi. Hal itu telah melemahkan betisnya," imbuhnya.

Cedera yang dialami Ramos dikenal sebagai sindrom betis tua. Ferret meyakini betis Ramos sudah kehilangan kelenturan sehingga semakin rapuh.

Ramos adalah salah satu pemain tersukses di dunia. Ia sudah memenangkan lima gelar La Liga, empat Liga Champions Eropa, dua Piala Eropa, satu Piala Dunia, dan berbagai trofi lain. Bersama Sevilla, Madrid, PSG, dan tim nasional Spanyol, ia juga sudah mengemas lebih dari 900 penampilan. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT