02 February 2022, 23:31 WIB

Penataan Kampung Ulos Huta Raja Upaya Pemerintah Lestarikan Warisan Pusaka


Andhika Prasetyo | Sepak Bola

MENGAKHIRI rangkaian kunjungan kerja hari pertama di Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo meresmikan penataan Kampung Ulos Huta Raja di Kabupaten Samosir, Rabu (2/2).


Jokowi berharap upaya revitalisasi tersebut dapat membantu upaya pemerintah dalam menjaga serta melestarikan warisan pusaka Tanah Air.
"Semoga dengan revitalisasi ini, konservasi

terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan dengan baik," ujar Jokowi.


Menurut Kepala Megara, penataan kawasan itu bermula saat kunjungannya pada 2019. Saat itu, Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk menata kembali kawasan tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik.


"Terakhir saya ke sini, 2,5 tahun yang lalu, itu sangat beda sekali dengan sekarang. Sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali," ungkapnya.


Jokowi pun mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap penataan Kampung Ulos Huta Raja.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat, pemerintah daerah yang memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini, dan semuanya ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR," ucap Presiden.


Untuk diketahui, penataan Kampung Ulos Huta Raja yang memiliki luas lahan 16 ribu meter persegi dilakukan pada kurun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp25,8 miliar. Adapun, lingkup pekerjaan meliputi revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Suvenir, penataan Pagar Makam, amfiteater/plaza, warung kopi, dan toilet umum.


Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom. (OL-8)

BERITA TERKAIT