29 January 2022, 11:30 WIB

AS Ucapkan Selamat untuk Timnas Iran dan Berharap Bertemu di Piala Dunia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

NEGOSIATOR Amerika Serikat (AS) Rob Malley, yang terlibat pembicaraan nuklir dengan Iran, selama beberapa bulan terakhir, Jumat (28/1), mengirimkan pesan berbeda kepada Iran. 

Dia mengucapkan selamat atas keberhasilan Iran melaju ke Piala Dunia 2022 dan berharap ada pertemuan antara AS dan Iran di pesta sepak bola sejagat itu.

"Selamat kepada #teammelli karena berhasil melaju ke #WorldCup2022. Rasanya menyenangkan melihat perempuan kembali menonton langsung di stadion," ujar Malley di Twitter menggunakan nama julukan timnas Iran.

Baca juga: Iran Jadi Tim Asia Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2022

"Saya berharap #USMNT bertemu Anda di Doha," lanjutnya mengacu pada timnas AS.

Timnas AS, yang mengalahkan El Salvador, Jumat (28/1) WIB, berada dalam jalur untuk lolos ke Piala Dunia 2022 setelah gagal lolos pada 2018.

Iran bertemu dengan AS di Piala Dunia 1998 di Prancis dan laga itu dipandang sebagai laga paling politis sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia.

Pemain timnas Iran, yang akhirnya meang 2-1 atas AS, memaski stadion membawa mawar putih yang diserahkan kepada para pemain AS sebagai simbol perdamaian.

Iran tidak memiliki hubungan diplomati dengan AS sejak revolusi islam pada 1979 yang menggulingkan shah Iran. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT