26 January 2022, 10:35 WIB

Hakimi Antar Maroko ke Perempat Final Piala Afrika


Rifaldi Putra Irianto |

TIM Nasional (Timnas) Maroko sukses mengamankan tempat di babak perempat final Piala Afrika 2021, usai merebut kemenangan 2-1 atas Malawi dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Ahmadou Ahidjo, Kamerun, Rabu (26/1) WIB.

Achraf Hakimi menjadi pahlawan untuk Maroko dalam pertandingan itu, di mana pesepak bola berusia 23 tahun itu mencetak tendangan bebas mengagumkan pada menit ke-70 untuk membawa Maroko lolos ke perempat final.

Malawi sebenarnya unggul terlebih dahulu dalam pertandingan, pertama kali lolos ke fase gugur skuad asuhan Marian Marinica itu langsung membobol gawang Maroko pada menit ke-7 lewat tendangan Gabadinho Mhango.

Tapi sundulan Youssef En-Nesyir membawa Maroko menyamakan kedudukan 1-1 pada perpanjangan waktu babak pertama, sebelum akhirnya Hakimi mencetak gol penentu kemenangan dan membawa Maroko kian dekat dengan gelar juara Piala Afrika kedua mereka sejak yang terakhir pada tahun 1976.

Pelatih Maroko Vahid Halilhodzic mengaku kagum dengan apa yang ditampilkan skuadnya sepanjang pertandingan, terlebih mental pemain yang tak gentar meski kebobolan di menit awal pertandingan.

"Itu bukan pertandingan yang mudah. Ketika kami kebobolan gol, itu membuat tim saya bereaksi dan itu sangat kompleks. Di babak kedua kami tidak kehilangan konsentrasi dan berhasil mengatur diri sendiri dan mengendalikan permainan," sebut Halilhodzic dikutip dari laman resmi turnamen, Rabu (26/1).

Disebutkan Halilhodzic, skuadnya masih memiliki keraguan dalam mengesekusi peluang dan itu menjadi salah satu kekurangan skuadnya yang harus segera dibenahi untuk pertandingan berikutnya.

"Kami memiliki banyak ragu. Saya berharap di pertandingan berikutnya kami akan lebih efektif. Kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan, kami sadar bahwa kami tidak berada pada level yang kami inginkan. Tapi saya percaya bahwa dengan lebih banyak pertandingan seperti ini kami dapat memperoleh lebih banyak kepercayaan diri," ucapnya.

"Kami akan tetap bertahan. berkomitmen dan berusaha memenangkan pertandingan berikutnya," tegasnya.

Senada dengan sang Pelatih, Hakimi juga menyatakan senang dengan apa yang telah di tampilkan timnya dalam pertandingan ini, bintang Paris Saint-Germain itu juga menyatakan akan langsung berfokus pada pertandingan selanjutnya.

"Kita semua harus diberi selamat. Kemenangan ini mencerminkan kerja tim yang hebat yang ditunjukkan oleh kita semua. Kami akan terus bekerja menuju tujuan kami," kata Hakimi.

"Saat ini, saya fokus pada tim saya dan fase berikutnya. Saya telah berlatih situasi seperti ini dan saya senang dapat mencetak gol dalam permainan," tukasnya.

Atas kemenangan ini, adapun di babak delapan besar Maroko akan menghadapi pemenang antara Mesir atau Pantai Gading. (CAF/OL-13)

Baca Juga: Argentina tidak Panggil Messi untuk Laga Kualifikasi Piala Dunia

BERITA TERKAIT