26 January 2022, 04:38 WIB

Roy Hodgson, Pelatih Anyar Watford


Basuki Eka Purnama |

WATFORD, Selasa (25/1), menunjuk mantan pelatih timnas Inggris Roy Hodgson sebagai pelatih ketiga mereka pada musim ini pascapemecatan Claudio Ranieri.

Hodgson tiba di Vicarage Road 24 jam setelah pemecatan Ranieri pada Senin (24/1) seiring merosotnya Watford ke zona degradasi, akhir pekan lalu.

"Watford FC mengumumkan penunjukkan Roy Hodgson sebagai manajer klub," ungkap Watford dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Baru Bertugas Tiga Bulan, Ranieri Dipecat Watford

"Mantan pelatih timnas Inggris itu akan didampingi oleh orang kepercayaannya, Ray Lewington, yang menukangi the Hornets antara 2002 dan 2005," lanju klub Liga Primer Inggris itu.

Hodgson meninggalkan Crystal Palace pada akhir musim lalu yang dipandang banyak orang sebagai akhir dari karier kepelatihannya.

Namun, pelatih berusia 74 tahun itu, kini, memutuskan menukangi klub Liga Primer Inggris keenamnya dengan tugas menyelamatkan Watford dari ancaman degradasi.

"Dikenal karena memimpin the Three Lions selama empat tahun melaju ke PIala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016, Hodgson juga banyak menukangi berbagai klub di Inggris dan dunia," ungkap Watford.

"Kiprahnya yang paling terkenal di Inggris adalah membawa Fulham mencapai posisi tertinggi mereka di Liga Primer Inggris dan tampil Liga Europa dengan the Cottagers menyingkirkan Juventus, Wolfsburg, dan Hamburg mencapai babak final sebelum kalah dari Atletico Madrid," imbuh The Hornets.

Ranieri dipecat pada Senin (24/1) pascakekalahan 3-0 dari sesama klub papab bawah Norwich yang membuat Watford terpuruk di peringkat 19 klasemen, tertinggal dua poin dari zona aman.

Pelatih Italia itu hanya memimpin Watford selama 14 laga sejak menggantikan Xisco Munoz pada Oktober.

Hodgson merupakan pelatih ke-15 selama 10 tahun kepemilikan keluarga Pozzo di klub Liga Primer Inggris itu.

Hodgson sudah mengenal keluarga Pozzo kala dia menukangi Udinese pada 2001.

Hodgon memiliki reputasi menyelamatkan klub-klub dari ancaman degradasi. Dia menyelamatkan Fulham pada 2007 dan satu dekade kemudian menyelamatkan Crystal Palace.

Laga perdana Hodgson sebagai manajer Watford adalah melawan klub juru kunci klasemen Liga Primer InggrisBurnley pada 5 Februari mendatang. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT