25 January 2022, 15:11 WIB

Laga Hadapi Persita Jadi Pembuktian Pelatih Persija Sudirman 


 Akmal Fauzi | Sepak Bola

LAGA melawan Persita Tangerang dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022, Rabu (26/1) akan menjadi pembuktian pelatih Persija Sudirman yang kembali ditunjuk menjadi pelatih kepala tim Macan Kemayoran.

Pertandingan itu akan jadi debut kedua Sudirman menjadi pelatih kepala Macan Kemayoran. Sebelumnya, Sudirman menakhodai Persija pada ajang Piala Menpora 2021 lalu dan mempersembahkan gelar juara.

Sejak saat itu, pelatih yang akrab disapa Jenderal itu kini dijuluki fans sebagai Pep Guardiman karena taktik jitunya.

Momentum itu tentunya diharapkan bisa terulang setelah Sudirman kembali menjadi pelatih menggantikan Angelo Alessio. Sudirman diharapkan dapat membangkitkan Persija di lanjutan seri keempat ini. Terlebih pihak klub memiliki target yang ambisius yaitu finis di posisi tiga besar.

"Ini adalah pertandingan pertama. Saya pikir pertandingan melawan Persita ini tidak ringan. Karena kita tahu juga jika Persita itu tim yang punya pemain-pemain yang agresif,” kata Sudirman dalam jumpa pers jelang laga, Selasa (25/1).

Sudirman memahami kekuatan skuad asuhan Widodo Cahyono Putro yang selalu tampil agresif sejak awal musim.  Sudirman menilai Persita tidak hanya agresif saat menyerang, tetapi juga waktu bertahan. Itu membuat pertahanan Persita pun sulit ditembus.

"Mereka agresif dalam bertahan dan agresif dalam menyerang. Tentunya, saya sudah menginstruksikan kepada pemain-pemain saya untuk bisa meredam keagresifan mereka dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan maksimal,” ujarnya.

Persija saat ini berada di urutan delapan dengan raihan 29 poin. Pihak manajemen menargetkan Macan Kemayoran bisa finis di urutan tiga besar.

"Kehadiran coach Sudirman sebagai pelatih kepala bukan hal yang asing bagi kami. Harapan semuanya dengan adanya coach Sudirman bisa kembali mengangkat tim ini berada di papan atas," kata kapten Persija, Andritany Ardhiyasa.

"Saya pribadi dan para pemain akan lebih tetermotivasi agar Persija bisa kembali ke papan atas," kata Andritany.

Pelatih Persita, WidodoC Putro mengatakan sudah mengantisipasi pergantian pelatih kepala Persija yang kembali diarsiteki Sudirman. Widodo paham bahwa Sudirman adalah sosok penting di Persija yang sudah mengetahui tim dengan sangat baik.

“Ini yang menjadi perhatian buat saya ya. Coach Sudirman ini dia sudah lama mengikuti dengan Persija. Dan tentunya kedalaman tim dia kan lebih tahu daripada Coach Angelo kemarin," jelansya.

"Ini yang menjadikan tim ini kemungkinan akan kita waspadai, kesolidan mereka. Jadi pemain juga sudah kami instruksikan bagaimana cara menghadapi Persija,” kata Widodo.

Menghadapi Persija yang berada satu tingkat di atas Persita di klasemen sementara, Widodo mengatakan timnya bertekad meraih hasil poin maksimal.

"Kami Persita sudah mempersiapkan dalam jeda waktu ini baik segala taktikal ya, baik fisik. Kami mau memperbaiki peringkat tentunya teman-teman pemain juga sudah tahu, kita juga tim tahu, apa yang harus kita lakukan besok, mendapatkan poin maksimal” ujar Widodo. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT