25 January 2022, 11:13 WIB

Enam Penonton Tewas dalam Insiden Laga Kamerun Vs Komoro


 Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

KERUSUHAN yang terjadi di luar Stadion Paul Biya, Olembe, pada laga Kamerun vs Komoro di babak 16 besar Piala Afrika 2021 menimbulkan korban jiwa, berdasarkan laporan Sky Sports sekitar 6 penonton dinyatakan tewas dan 40 orang lainnya mengalami luka-luka.

Kerusuhan terjadi lantaran serbuan penonton yang ingin menyaksikan laga Kamerun vs Komoro, mengakibatkan desak-desakan terjadi saat penonton berusaha untuk mendapatkan akses masuk menuju stadion.

Dalam sebuah video di media sosial menunjukkan para penggemar menyerbu gerbang stadion, sementara gambar-gambar muncul menunjukkan para penggemar terbaring terluka di tanah.

Menanggapi insiden itu, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) menegaskan pihaknya bakal menyelidiki pristiwa itu dengan serius.

"CAF mengetahui insiden yang terjadi di Stadion Olembe selama pertandingan Piala Afrika antara tuan rumah Kamerun dan Komoro," tulis CAF dalam keterangan resminya.

"CAF saat ini sedang menyelidiki situasi dan mencoba untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang apa yang terjadi. Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah Kamerun dan Komite Penyelenggara Lokal," imbuhnya.

"Presiden CAF Dr Patrice Motsepe mengirim Sekretaris Jenderal, Veron Mosengo-Omba untuk mengunjungi para pendukung di rumah sakit di Yaoundé," sebutnya.

Pihak penyelenggara menyatakan, seitar 50 ribu orang mencoba untuk dapat masuk ke dalam stadion yang memiliki kapasitas 60 ribu orang tersebut. Namun dalam aturan pertandingan di tengah pandemi, kapasitas penonton hanya boleh diisi 80%.

Dalam pertandingan itu, Kamerun berhasil merebut kemenangan atas Komoro dengan skor akhir 2-1 dan memastikan Kamerun lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2021.

Di babak perempat final, Kamerun akan menghadapi Gambia. Gambia lolos ke babak delapan besar setelah menang tipis ata Guinea 1-0. (Rif/Sky Sports/OL-09)

BERITA TERKAIT