19 January 2022, 06:44 WIB

Wasit Perempuan Asal Rwanda Cetak Sejarah di Piala Afrika


Basuki Eka Purnama |

SALIMA Mukansanga mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang memimpin laga Piala Afrika ketika dia menjadi wasit untuk laga Grup B antara Guinea dan Zimbabwe di Yaounde, Selasa (18/1) malam.

Pada Senin (17/1), Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) mengatakan Muknsanga akan memimpin laga didampingi dua asisten wasit perempuan, Carine Atemzabong dari Kamerun serta Fatiha Jermoumi dari Maroko.

Namun, saat wasit memasuki lapagan di Stade Ahmadou Ahidjou di Ibu Kota Kamerun Mukansanga didampingi dua asisten wasit laki-laki.

Baca juga: Gabon dan Maroko Jadi Wakil Grup C ke 16 Besar Piala Afrika

CAF belum menjelaskan alasan perubahan itu.

Mukansanga mencetak sejarah setelah 32 edisi Piala Afrika, yang digelar sejak 1957, wasit yang memimpin pertandingan selalu laki-laki.

Sebelumnya, wasit asal Rwanda itu berperan sebagai wasit keempat dalam laga antara Guinea dan Malawi pada 10 Januari di Bafoussam.

"Kami sangat bangga dengan Salima karena dia harus bekerja luar biasa keras untuk mencapai posisi saat ini," ujar ketua wasit CAF Eddy Maillet.

"Kami menyadari, sebagai perempuan, dia harus menghadapi halangan besar untuk mencapai tingkatnya pada hari ini dan dia layak mendapatkan pujian."

"Momen ini bukan hanya untuk Salima namun juga semua perempuan muda di Afrika yang mencintai sepak bola dan ingin menjadi wasit di masa depan," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT